Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pendidikan » DINAS PENDIDIKAN SELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SERTA BAHAN AJAR TUTOR DAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN

DINAS PENDIDIKAN SELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SERTA BAHAN AJAR TUTOR DAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN

(263 Views) September 28, 2018 6:58 am | Published by | No comment

DINAS PENDIDIKAN SELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SERTA BAHAN AJAR TUTOR DAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN

Keterangan Gambar : Mad Soni Praktisi PKBM HIMATA Tangerang dan Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Drs. Wahyudi Budi Saksono, M.Si.(dok.beritatanahair.com)

Tangerang , Beritatanahair.com

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,  menggelar  Kegiatan Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar Pendidikan Kesetaraan di Aula SMK PGRI Balaraja Kabupaten Tangerang,kegiatan berlangsung dari tgl 26-27 September 2018. Kegiatan yang di selenggarakan Bidang PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang itu mengundang nara sumber pakar kurikulum dan media pembelajaran dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Direktorat PAUD dan DIKMAS Kemdikbud serta Praktisi pendidikan Nonformal tingkat Kabupaten,Provinsi dan Pusat.

 

“Kegiatan ini dilakukan mengingat tahun depan semua satuan pendidikan harus menerapkan Kurikulum 2013,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Drs.H.Hadisa Masyhur, MM.pada saat membuka kegiatan tersebut, pada Selasa (26/11).

 

Ia menambahkan,  Kurikulum 2013 menekankan pencapaian kompetensi secara utuh. Pembelajarannya berbasis aktivitas dan fokus pada pelayanan individu agar setiap peserta didik menjadi orang yang kompeten, profesional, cerdas, dan berakhlak mulia.

 

“Sejalan dengan itu, PKBM atau Pendidikan Nonformal diharapkan mampu membangun pondasi melalui penguatan karakter sehingga peserta didik cinta belajar, cinta lingkungan, cinta kebersamaan, cinta kerukunan, dan cinta kesatuan. Hal itu sebagaimana yang menjadi program Nawacita, terutama terkait poin (3) Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia ,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dalam rilis yang diterima beritatanahair. com, selasa (26/11/2018).

 

Para pemateri mengemukakan, menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran yang tepat menjadi alat bantu  memudahkan tutor dalam membumikan kurikulum. “Melalui media yang tepat, proses pembelajaran menjadi lebih bermakna karena nilai-nilai (values) yang terkandung dalam setiap materi pelajaran akan muncul dengan sendirinya , hal itu dapat terjadi karena proses belajar berjalan secara alamiah. “Artinya, pesan-pesan moral yang terkandung dalam setiap pengetahuan atau materi pembelajaran akan mudah ditangkap oleh peserta didik karena nilai-nilai itu terimplementasi dalam setiap aktivitas peserta didik,” tuturnya.

 

Media pembelajaran akan menjaga kesinambungan, koherensi, dan konsistensi antara kurikulum sebagai perencanaan atau kebijakan dengan kurikulum sebagai proses sehingga proses pembelajaran yang terjadi benar-benar mampu mewujudkan tujuan yang diinginkan, yaitu anak yang cerdas, terampil, dan berbudi pekerti baik, dengan karakter yang kuat. “Dengan demikian, proses penguatan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan akan terjadi dengan sendirinya dan proses itu berlangsung secara alami,”

 

Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Drs. Wahyudi Budi Saksono, M.Si, optimistis kegiatan pengembangan kurikulum dan bahan ajar bermanfaat bagi para peserta. “Melihat antusiasme dan perubahan paradigma para Penilik, Pengelola PKBM dan Tutor pendidikan kesetaraan terhadap kurikulum, kami optimistis  untuk menyongsong Tangerang Gemilang” kata Budi sapaan akrab Kepala Bidang tersebut.

 

Untuk itu, tahun depan pihaknya  akan menyiapkan program-program yang praktis, mudah diterapkan oleh Penilik, pengelola PKBM dan para tutor, misalnya melalui kegiatan penyusunan bahan ajar, media pembelajaran dan modul-modul yang benar-benar menginsprasi peserta didik dan tutor. “Untuk itu, kami siap menjadi model bagaimana membuat bahan ajar yang bersahabat dengan tutor dan peserta didik, yaitu kurikulum yang memudahkan dan tidak membebani,” ujarnya.

 

Menurutnya, persepsi tentang kurikulum yang selama ini dianggap rumit harus segera diubah, Perubahan pola pikir (mindset) dapat terjadi di mana saja, kapan saja, asalkan kita mau.“Untuk mewujudkan itu, maka dalam kegiatan ini kami mengolaborasikan antara narasumber pusat, puskur dengan tim praktisi pendidikan nonformal daerah. Hal ini mempercepat proses transfer pola pikir,” Papar Kabid PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan kabupaten Tangerang ini.

 

Kepala Seksi Kesetaraan Sigit Sugimin, menyampaikan harapan kepada semua pihak, terutama Pusat Kurikulum dan Perbukuan, untuk senantiasa mendampingi Dinas pendidikan Kabupaten  Tangerang. “Kami siap mewacanakan ke berbagai pihak untuk membentuk tim Tangerang Gemilang dengan fokus kegiatan pada peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai kegiatan, termasuk penyelenggaraan pendidikan kesetaraan yang dipadu dengan program pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.(RONALD)

Categorised in:

Comment Closed: DINAS PENDIDIKAN SELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SERTA BAHAN AJAR TUTOR DAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN

Sorry, comment are closed for this post.