Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » Barhum wakil ketua DPRD Kab.Tangerang >>> RPJMD Pedoman buku besar Pembangunan 5 Tahunan

Barhum wakil ketua DPRD Kab.Tangerang >>> RPJMD Pedoman buku besar Pembangunan 5 Tahunan

(42 Views) Februari 11, 2019 7:59 am | Published by | No comment

Barhum wakil ketua DPRD Kab.Tangerang >>> RPJMD Pedoman buku besar Pembangunan 5 Tahunan

Tangerang,Beritatanahair.com

Ketua Pansus  DPRD  Barhum HS,S.IP berharap bahwa Raperda RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023 menjadi pedoman buku besar pembangunan pada dekade 5 Tahunan 2019-2023. 

Hal tersebut disampaikan Barhum HS wakil ketua DPRD Kabupaten Tangerang, saat membuka Rapat Pembahasan Awal Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  Kabupaten Tangerang 2019-2023,pada hari Rabu (6/1/19) di kantor lama DPRD Kabupaten Tangerang samping pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tangerang ,Jln Kisamaun Kota Tangerang.

Rapat Pembahasan Awal RPJMD ini Ketua Pansus  didampingi oleh Koordinator Pansus H.Sumardi,S.Pd,  Sekretaris Pansus Dedi Sutardi,SE,MBA,  serta dihadiri Anggota Panus DPRD Kabupaten Tangerang, Sekretaris DPRD Kabupaten Tangerang H.AF. Firzada Mahalli,SE,M.Si, Kepala Bapeda Didin, yang didampingi oleh Pimpinan dan Pejabat Teras OPD Kabupaten Tangerang lainnya.

Lebaih lanjut Barhum HS,S.IP, mengatakan pembahasan Rancangan Raperda RPJMD ini adalah tindak lanjut dari Rumusan dari pemerintah daerah dan DPRD yang sama sama dirumuskan terdahulu dan kita perdalam saat ini.RPJMD untuk memuat kebijakan Pemerintah yang dimuat dalam Visi, Misi, suatu program, tujuan,  Strategis  arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan darah, ini tentunya kita bahas bersama-sama antara DPRD –Pemerintah Daerah –OPD- kita tentukan dalam pembahasan ini.

Secara Makro dan Mikro akan akan menampaikan presentasi dari rumusan yang terdahulu dan kami selalu mengikuti arah kebijakan RPJMD 2019-2023.

Sementara itu Kepala Bappeda Didin, dalam paparannya menjelaskan bahwa RPJMD Tahun 2019-2023 berpedoman pada RPJMD 2015-2019, RPJPD Provinsi Banten 2005-2025, RPJPD Kabupaten Tangerang 2005-2025,  Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tangerang 2011-2031,  RPJMD Kabupaten/Kota dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

RPJMD adalah penjabaran dari Visi-Misi dan program kepala daerah.  RPJMD memuat tentang arah kebijakan keuangan daerah,  strategis pembangunan daerah, kebijakan umum dan program perangkat daerah, lintas perangkat daerah, dan program kewilayahan, maka RPJMD memiliki nilai strategis sebagai pedoman bagi dokumen perencanaan di Kabupaten Tangerang dalam kurun waktu 5 (lima) tahun.

Visi “ Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera”.

Misi :

  1. Meningkatkan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat menuju masyarakat yang religius.
  2. Menikgatkan akses, mutu dan pemerataan pelayanan pendidikan dan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas sehat.
  3. Mengembangkan ekonomi daerah yang kompetitif.
  4. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang Profesional, transparan dan akuntabel.
  5. Meningkatkan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah.
  6. Mengembangkan inovasi daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, masyarakat dan pelaku pembangunan lainnya.

Dalam  RPJMD 2019-2023 secara umum memuat 15 (Lima belas) Program unggulan Bupati Tangerang.  diharapkan dapat menuntaskan permasalahan daerah secara  sinergis dan terintegrasi.  15 Program Unggulan  sbb : 

1) Tangerang Religi

2) Sanitasi berbasis Pondok Pesantren (Sanitren)

3) Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)

4) Gerakan Tangerang Sehat

5) Sayang Barudak

6) Masyarakat  Bugar

7) Tangerang  Mandiri Pangan

8)  Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan)

9) Aksesibilitas Bantuan Permodalan bagi Koperasi dan  Usaha  Mikro

10)  Optimalisasi Tata Kelola Pemerintahan dan manajemen Aset (Optima)

11) Gerakan bersama rakyat atasi kawasan padat kumuh dan miskin (Gebrak Pakumis) Plus

12) Kita peduli permasalahan sampah (Kiprah)

13) Pengendalian kemacetan lalu lintas (Pekat Lantas)

14) Pengelolaan sumber air baku dan pengendalian banjir

15) Produk Inovatif dan Kreatif (Proaktif).(Ronald)

Categorised in:

Comment Closed: Barhum wakil ketua DPRD Kab.Tangerang >>> RPJMD Pedoman buku besar Pembangunan 5 Tahunan

Sorry, comment are closed for this post.