Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » Penyampaian LKPJ KDH Tahun 2018 Diterima Oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang

Penyampaian LKPJ KDH Tahun 2018 Diterima Oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang

(46 Views) Maret 8, 2019 1:42 pm | Published by | No comment

Penyampaian LKPJ KDH Tahun 2018 Diterima Oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang

Tigaraksa,Beritatanahair.com

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tangerang  Selasa  (5/3) H. Sumardi,S.Pd. menerima penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2018, dari Bupati Tangerang yang diwakili oleh Wakil Bupati Tangerang H.Mad Romli,SH.MM. dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Tangerang.

Rapat Paripurna  dibuka dan dipimpin  oleh Wakil  Ketua DPRD  Barhum HS,S.IP  yang didampingi  oleh Ketua DPRD  H.Sumardi, S.Pd, Wakil Ketua Nazil Fikri S.Ag,  dan Dedi Sutardi,SE.MBA,   dihadiri Wakil Bupati Tangerang dan Jajarannya serta Pimpinan Forkopimda Kabupaten Tangerang serta  undangan lainnya.

Barhum HS S.IP,  dalam sambutannya mengemukakan  bahwa penyampaian Laporan ini disampaikan atas dasar Peraturan Pemerintah No.3 Thun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah.  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala  Daerah kepada DPRD, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat.       Dan Surat Bupati Tangerang No.900/744-Bappeda tenggal 4 Maret 2019, perihal Penyampaian LKPJ Bupati Tangerang Tahun 2018.

Berdasarkan UU No.23 Tahun 2014 pasal 69 & 70 serta PP No.3 Tahun 2007 pasal 17 dinyatakan bahwa LKPJ akhir tahun anggaran disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Sedangkan Bupati Tangarang  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tangerang  H.Mad Romli,SH.MM,  mengatakan sesuai PP  No.3/2007  Pemerintah Kabupaten Tangerang berkewajiban menyampaikan LKPJ Kepala Daerah Tahun 2018 kepada DPRD Kabupaten Tangerang.

Wakil  Bupati Tangerang H. Mad Romli   mengatakan  Keberhasilan pembangunan dan penyelenggaaan pemerintahan di Kabupaten Tangerang terwujud berkat kerjasama yang baik antara pihak Eksekutif dan Legislatif yang senantiasa bekrja secara maksimal dalam mewujudkan berbagai kebijakan , program dan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2018 tidak terlepas dari Visi-Misi Kabupaten Tangerang yang tertuang dalam RPJMD kabupaten Tangrang 2013-2018 dan RKPD Tahun 2018, dengan arah kebijakan dan prioritas daerah dalam upaya percepatan perwujudan program-program pembangunan.

Dengan mempertimbangkan potensi  kondisi,  permasalahan, tantangan ,peluang dan budaya yang hidup dalam masyarakat, maka dirumuskan tema pembangunan Kabupaten Tangerang Tahun 2018 yaitu    “Peningkatan Perekonomian masyarakat dan kualitas pelayanan publik untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan”.

APBD TA 2018 ditetapkan dengan Perda No.10 Tahun 2017, dan perubahannya yang ditetapkan dengan Perda No.10 Tahun 2018, telah menetapkan Rp.5,18 Trilyun lebih, namun realisasinya Rp.5,45 Trilyun, atau 5,34  persen melampaui target yang telah ditetapkan.  Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya Pendapatan Asli Daerah  yang  melebihi target sebesar 15,08 persen,  Belanja daerah yang direncanakan sebebar Rp.6,37 trilyun lebih terealisasi 5,9 Trilyun lebih atau terserap 92,66 persen.    Sedangkan pembiayaan yang direncanakan Rp.1,18 Trilyun lebih terealisasi 100 persen.

Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan  Pemerintahan Daerah terdiri atas Urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non pelayanan dasar,  urusan pilihan dan fungsi penunjang pemerintahan.     Pada Tahun Anggaran 2018 , Belanja Langsung urusan Pemerintahan Daerah sebesar Rp.3,27 Trilyun lebih terealisasi Rp.3,02 trilyun lebih,  sehingga realisasi keuangan mencapai 92,35 persen dan realisasi fisik sebesar 96,02 persen yang dijabarkan dalam 230 program dan 3.755 kegiatan.

Pencapaian target kinerja program unggulan yang dilaksanakan OPD yang tertuang dalam RPJMD pada tahun 2013-2018 , menunjukkan bahwa target kinerja program unggulan tersebut telah tercapai.

Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Tangerang  juga telah tugas pembantuan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada Pemerintah Desa.

Kerjasama antar daerah dalam rangka meningkatkan sinergisitas pembangunan juga telah dilaksanakan, begitu juga kerjsama dengan pihak ketiga yang bertujuan untuk perbaikan pelayanan publik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tangerang.   Selain itu beberapa penghargaan juga telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2018.

Pada kesempatan ini pula kami ingin menyampaikan permohonan maaf kepada anggota Dewan yang terhormat dan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, karena tentu saja masih terdapat tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang belum terakomodir sepenuhnya pada tahun 2018.  Insya Allah hat tersebut akan ditindaklanjuti pada tahun-tahun anggaran berikutnya. “Ungkap Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar”. (Ronald)

Categorised in:

Comment Closed: Penyampaian LKPJ KDH Tahun 2018 Diterima Oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang

Sorry, comment are closed for this post.