Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik » Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Study Penyelenggaraan Adm Kependudukan ke Sumedang

Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Study Penyelenggaraan Adm Kependudukan ke Sumedang

(157 Views) April 26, 2018 12:32 pm | Published by | No comment

Pansus III DPRD Kab Tangerang Study Penyelenggaraan Adm Kependudukan ke Sumedang

Tigaraksa,Beritatanahair.com

Dalam rangka mengkaji  Rancangan  Peraturan Daerah (Raaperda)  Panitia  Khusus  (Pansus) III  DPRD Kabupaten Tange- rang  Jumat  12 April 2018 melakukan studibanding ke Kantor DPRD Kabupaten Sumedang.   Pimpinan Rombongan Adi Tiya Wijaya,  yang didampingi  Wakil Ketua Pansus Hj. Uswatun Hasanah serta Anggota Pansus III lainnya diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang  Jajang Heryana, A.Md  didampingi  oleh Kabid PIAK Disdukcapil Kabuapten Sumedang A.Barie Tri Yatno.

Wakil Ketua Pansus  III  DPRD  Kabupaten  Tangerang   Hj. Uswatun Hasanah, sebagai Pembicara  dalam   rombongan  Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang   dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud dan  tujuan berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten  Sumedang adalah  dalam rangka silaturahmi sekaligus juga studibanding /sharing  informasi untuk memperoleh masukan dalam rangka untuk mengkaji, mendorong melakukan perubahan Perda kearah yang lebih baik untuk mempermudah pelayanan  kepada masyarakat  dan oleh karena itu kami  ingin melengkapi Raperda yang sedang kami bahas  di Kabupaten  Tangerang yaitu Raperda Perubahan/Revisi Perda No.7 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, karena kami mendapat informasi di Kabupaten Sumedang ini  sudah selesai membuat Regulasi Perda terkait Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan sejak adanya Undang-Undang No. 24/2013 dan Peraturan Mendagri No.470/2014, dan oleh karena itu kami sharing kesini ke DPRD Kabupaten Sumedang.

Ketua Komisi I  DPRD  Kabupaten  Sumedang  Jajang Heryana, A.Md, dalam  sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang yang telah hadir dan memilih Kabupaten Sumedang untuk studi komparasi mengenai Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Kami informasikan bahwa   Luas Wilayah 1.518,33km2,   26 Kecamatan , 7 Kelurahan dan 271 Desa. Jumlah Pendudk 1.142.097 penduduk – 1.2 juta peduduk.  Anggota DPRD Kab. Sumedang 50 orang/kursi.

Lebih  lanjut  Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Jajang Jajang Heryana, A.Md,  menjelaskan bahwa di Kabupaten Sumedang sejak tahun 2015 telah membuat Regulasi Perda Penyelenggaaan  Administrasi Kependudukan  yaitu Perda  Nomor :  6/2015.    yaitu  menindaklanjuti dan menyesuaikan dari  UU No. 23/2013  dan menindaklanjuti menyesuaikan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.470/2014.

Sedangkan  Kabid  PIK  Disdukcapil  di Kabupaten Sumedang  A. Barie Tri Yatno menjelaskan bahwa kami  di Kabupaten  Sumedang   memang  sudah  membuat  regulasi  Perda,  No.6/20015 tentang  Penyelenggaraan  Administrasi  Kependudukan   menyesuaikan dengan terbitnya  UU No. 23/2013 dan Permendagri  No.470/2014,  dan  Kami membuat  Perda  No.6/2015 tidak membuat Naskah Akademik akan  tetapi  kami  hanya  cukup dengan Keterangan.     Dalam Perda tersebut kami memang tidak mencantumkan pasal yang mengatur sanksi terhadap yang tidak melaksanakan penyelenggaraan kependudukan,  akan tetapi  dalam  Perda  No.6/2015 Kabupaten Tangerang   kami hanya mencantukan pasal sanksi terhadap penduduk dari Negara Asing.

Sedangkan kebijakan untuk mencetak, menerbitkan dan pendistribusian,  dalam Perda No.6/2015 masih mengacu pada UU No. 23/2013 dan Permendagri No.470/2014 yaitu di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan  serta  membentuk UPT sebagai kepanjang-tanganan dari  Dinas.

Kabid PIAK Disdukcapil A. Barie Triyantno R, menambahkan   dalam rangka untuk mempermudah pelayanan pendataan Pencatatan data Kependudukan  kepada masyarakat  di Kabupaten Sumedang ,  Pemerintah Kabupaten Tangerang/Disdukcapil   telah menyiapkan 1 unit kendaraan Mobil  keliling/ jemput bola pendataaan/perekaman data dan cetak data  di setiap kecamatan,   dengan jam  praktek dilapangan seminggu 3 Hari kerja.  dan  Pada Hari ini sedang ada kegiatan Mobil Keliling  Pencetakan e-KTP – selama 1 Jam di Kecamatan Jatinangor.(Ronald)

Categorised in:

No comment for Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Study Penyelenggaraan Adm Kependudukan ke Sumedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *