Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik » Sharing untuk Pengayaan Raperda Kependudukan DPRD kabupaten Tangerang study ke Disdukcapil Cilegon

Sharing untuk Pengayaan Raperda Kependudukan DPRD kabupaten Tangerang study ke Disdukcapil Cilegon

(137 Views) April 26, 2018 12:40 pm | Published by | No comment

Sharing untuk pengayaan Raperda kependudukan DPRD Kabupaten Tangerang Study ke Disdukcapil Cilegon

 

Tigaraksa,Beritatanahair,com

Dalam rangka untuk pengayaan isi dari Raperda Penyelenggaran Kependudukan Pansus III DPRD Kabupaten shering ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon, Kamis, 19 April 2018. Rombongan Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Tangerang dipimpin oleh Wakil Ketua Pansus III Hj Uswatun Hasanah, yang didampingi oleh Sekretaris Burhan serta Anggota Pansus III lainnya, diterima oleh Kadis Dukcapil Kota Cilegeon Soleh SE, didampingi oleh Sekretaris Didukcapil Hj. Hayati Nufus, serta para Kabid Casip, Kabid Informasi serta Para Kasi.

Wakil Ketua Pansus III Hj Uswatun Hasanah, dalam sambutan-nya mengatakan bahwa kami saat ini sedang membahas Revisi Perda No.7/2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan menyesuaikan dari UU No.24/2013 Permendagri No.470/2014, untuk itu kami studi komparasi mencari masukan untuk melengkapi Raperda yang sedang kami bahas di Kabupaten Tangerang. dan kami mohon dijelaskan mekanisme pelayanan Dukcapil di Kota Cilegon ini.

Seperti misalnya apakah pencetakan KTP, pendistribusiannya KTP, perekaman / pendataannya KTP, pendataan /data kelahiran/kematian sudah dilaksanakan di Kecamatan/ UPT ? mohon penjelasan sebagai bahan kami untuk melengkapi Raperda yang sedang kami bahas di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cilegon Soleh,SE , menjelaskan bahwa Luas Wilayah kota Cilegon 175,5 km2, 8 kecamatan, penduduk 418.705 jiwa.

Penyelenggaraan administrasi kependudukan di Kota Cilegon diatur dalam Perwal Cilegon No.67 tahun 2017 tentang perubahan atas Perwal No.15 tahun 2016 tentang penyelenggaraan administrsi kependudukan.

Sedangkan mekanisme /proses pelaksanaan pendataan penduduk dan pembuatan KTP, serta Pencatan Anak baru lahir /Akte Lahir dan data penduduk yang meninggal dunia/mati, sudah dilakukan oleh Dinas DUKDISCAPIL di Kota Cilegon, dan Al-hamdulillah dapat berjalan dengan baik.

Pendaftaran Kartu Penduduk, pendataan penduduk kami kerjasama dengan BPS, dan pedadatan anak sekolah bekerjasama dengan Dinas Pedidikan, alhamdulilah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam rangka memebuat kartu penduduk sejak dikeluarkan UU no.23/2014, yang semula masa berlaku KTP berlaku selama lima tahun dan berubah menjadi berlaku seumur hidup, di Kota cilegon, sejak dikelurkan Peraturan Mendagri no. 470 tahun 2014, DIDUKCAPIL Kota cilegon langsung membuat Perwalnya dan langsung menerapkan pembuatan e-KTP di Kota Cilegon.

Saat ini pendataan peduduk dan pembuatan KTP, Pencatatan, perekaman dan pencetakan, pendistribusian sudah dilaksanakan selain di Dinas juga dilakukan di tingkat Kecamatan.

Serta saat ini kita kota Cilegon sedang mengusulkan perda pembuatan/penempatan UPT dan sekarang sedang menunggu persetujuan dari Provinsi. karena di Kota Cilegon hanya 8 kecamatan dan jangkauan keamatan yang satu dengan lain berdekatan maka kami mengusulkan 4 UPT , dua kecamatan 1 UPT.

Menjawab pertanyaan dari Pansus III tentang berapa Kecamatan idealnya dibentuk UPT ? Kadis Kependudukan dan Catan Sipil Soleh SE. menjelaskan kalu Idealnya pembentukan UPT itu, dapat disesuaikan dengan banyaknya/ luas wilayah /jumlah kepadatan penduduk,. itu kami rasa ukuran idealnya, jangkauan penempatan UPT.

Coba bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kalau di daerah Kepulauan untuk memperoleh KTP saja sampai berhari-hari dan dengan biaya transportasi yang begitu besar, kan kasihan masyarakat, apalagi masyarakat kita kan banyak yang tidak mampu.

kalau memang tidak diperbolehkan mendata, merekam, mencetak dan mendistribusikan KTP tersebut kan kasihan masyarakat, sebetulnya dibuatnya UU , PP, Permen , Perda Perbup, Perwal dan lain-lain itu adalah dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Mengapa kalau bisa dipermudah ko dipersulit , tentunya kita kan mencari yang paling mudah dan cepat.

Dan kami di Walikota Cilegon sudah melaksanakan pendataan, perekaman dan pencetakan serta pendistribusian KTP di tingkat Kecamatan dan itu sangat efektif, untuk memdudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Di Kota Cilegon mempunyai Inovasi Proses pembuatan e-KTP, Akte Kelahiran anak, Surat Kematian dan lain-lain jenis pelayanan dengan MOTO inovasi 15 menit Selesai. disamping itu Ada Inovasi Cetak KTP di car free day Kota Cilegon.(Ronald)

 

Categorised in:

No comment for Sharing untuk Pengayaan Raperda Kependudukan DPRD kabupaten Tangerang study ke Disdukcapil Cilegon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *