Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Syiar Islam & Peradaban Manusia » NAMA-NAMA BULAN DALAM ISLAM

NAMA-NAMA BULAN DALAM ISLAM

(178 Views) Juli 22, 2018 2:27 am | Published by | 3 Comments

NAMA-NAMA BULAN DALAM ISLAM

Empat dari dua belas bulan Hijriah dianggap suci: Rajab (7), dan tiga bulan berturut-turut dari Dhū al-Qaʻdah (11), Dhu al-Ḥijjah (12) dan Muḥarram (1). [19] Ketika kalender lunar tertinggal di belakang kalender matahari sekitar sepuluh hari setiap tahun Gregorian, bulan-bulan kalender Islam jatuh di bagian yang berbeda dari kalender Gregorian setiap tahun. Siklus ini berulang setiap 33 tahun lunar. [20]
Tidak. Nama Arab Arti Catatan :

1 Muḥarram ٱلْمُحَرَّم terlarang Bulan suci, disebut demikian karena pertempuran dan segala macam pertempuran dilarang (ḥarām) selama bulan ini. Muḥarram termasuk ‘Āshūrā’, hari ke sepuluh.

2 Ṣafar صَفَر void Seharusnya disebut demikian karena rumah-rumah Arab pra-Islam kosong sepanjang tahun ini sementara penghuni mereka mengumpulkan makanan. Akun lain menceritakan bahwa mereka biasa menjarah rumah musuh mereka setelah mengalahkan mereka dalam pertempuran, tidak meninggalkan apa pun di belakang.

3 Rabī ‘al-awwal رَبِيع ٱلْأَوَّل musim semi pertama Juga berarti merumput, karena ternak digembalakan selama bulan ini. Juga bulan suci perayaan bagi banyak umat Islam, karena ini adalah bulan dimana Nabi Muhammad dilahirkan. [21]

4 Rabī ‘ath-thānī رَبِيع ٱلْآخِر musim semi yang kedua

5 Jumādá al-ūlá جُمَادَىٰ ٱلْأُولَىٰ yang pertama dari tanah kering Sering dianggap sebagai musim panas pra-Islam. Jumādá mungkin juga terkait dengan kata kerja yang berarti “membekukan” dan akun lain menceritakan bahwa air akan membeku sepanjang tahun ini.

6 Jumādá al-ākhirah جُمَادَىٰ ٱلْآخِرَة yang terakhir dari tanah yang kering

7 Rajab رَجَب hormat, hormat Ini adalah bulan suci kedua di mana pertempuran dilarang. Rajab mungkin juga terkait dengan kata kerja yang berarti “menghapus”, disebut demikian karena orang Arab pra-Islam akan melepas kepala tombak mereka dan menahan diri dari pertempuran.

8 Sha’bān شَعْبَان tersebar Ditandai waktu tahun ketika suku-suku Arab tersebar untuk menemukan air. Sha’bān mungkin juga terkait dengan kata kerja yang berarti “berada di antara dua hal”. Akun lain menyebutkan bahwa itu disebut demikian karena bulan itu terletak di antara Rajab dan Ramaḍān.

9 Ramaḍān رَمَضَان pembakaran panas Terbakar berhubungan dengan puasa seperti perut kosong keinginan duniawi seseorang akan terbakar. Seharusnya disebut demikian karena suhu tinggi yang disebabkan oleh panas matahari yang berlebihan. Ramaḍān adalah bulan paling hijri dari kalender Hijriah. Selama waktu ini, umat Islam harus berpuasa dari fajar sampai matahari terbenam dan harus memberikan sedekah kepada orang miskin dan membutuhkan.

10 Shawwāl شَوَّال mengangkat Dia-unta biasanya akan berada di betis pada saat ini tahun dan menaikkan ekor mereka.

11 Dhū al-Qaʻdah ذُو ٱلْقَعْدَة salah satu gencatan senjata / duduk Ini adalah bulan suci di mana perang dilarang. Orang diizinkan membela diri jika diserang.

12 Dhū al-Ḥijjah ذُو ٱلْحِجَّة salah satu dari ziarah Selama bulan ini para peziarah Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk mengunjungi Ka’bah. Haji dilakukan pada hari ke delapan, kesembilan dan kesepuluh bulan ini. Hari Arafah berlangsung pada tanggal sembilan bulan. Idul Adha, “Festival Pengorbanan”, dimulai pada hari kesepuluh dan berakhir pada senja hari tanggal dua belas, dan selama perang dilarang.

Panjang bulan

Setiap bulan dari kalender Islam dimulai pada kelahiran siklus bulan baru. Secara tradisional ini didasarkan pada observasi aktual dari bulan sabit (hilal) yang menandai akhir dari siklus bulan sebelumnya dan karenanya bulan sebelumnya, sehingga memulai bulan baru. Akibatnya, setiap bulan dapat memiliki 29 atau 30 hari tergantung pada visibilitas bulan, posisi astronomi bumi dan kondisi cuaca. Namun, sekte dan kelompok tertentu, terutama Bohras Muslim yaitu Alavis, Dawoodis dan Sulaymanis dan Shia Ismaili Muslim, menggunakan kalender Islam berbentuk tabel (lihat bagian bawah) di mana bulan bernomor ganjil memiliki tiga puluh hari (dan juga bulan kedua belas dalam lompatan tahun) dan bahkan bulan memiliki 29.(WKPD/BTAC)

3 Komentar for NAMA-NAMA BULAN DALAM ISLAM

  • geometry berkata:

    Good day very cooⅼ blog!! Man .. Exceⅼlent .. Superb ..
    I wilⅼ bookmark your site and takе the feeds additionally?
    I’m satisfied to find numerous helpful infoгmation here in the puЬlish,
    we need develop more strategies on this regard,
    thanks for sharing. . . . . .

  • I corridori che indossano scarpe da corsa economiche hanno meno ferite rispetto a quelli che indossano costosi Nike Air Presto Womens istruttori.The U,Cheap Jerseys Online. The state of the head is hemispherical or dished molded.
    “La scarpa da corsa in questo momento non sta facendo nulla per prevenire gli infortuni”, ha detto Reed Ferber,Wholesale NFL Jerseys, direttore della clinica Injury Running presso la Facoltà di Kinesiologia dell’Università di Calgary. Author’

  • 125 points2. Yet again, make sure what ever fashion of loath you decide on will not likely offend anybody in the home an individual will always be working in. In fact much of the merchandise that is sold at these auctions has been donated by members of the community.4005. Some of these auctions have specific purposes such as raising money for certain health issues and research,nike presto shoes. Development of such optimized connected and wireless devices are estimated to bring notable growth op

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *