Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Bahas Raperda Ketahanan pembangunan keluarga

Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Bahas Raperda Ketahanan pembangunan keluarga

(149 Views) September 6, 2018 7:01 am | Published by | No comment

Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Bahas Raperda Ketahanan pembangunan keluarga

Tigaraksa,Beritatanahair.com

Pansus III  DPRD Kabupaten Tangerang  melaksanakan  pembahasan  awal  Raperda Katahan Pembangunan Keluarga,  tanggal 20-21 Agustus 2018,  bertempat   dikantor  lama DPRD Kabupaten Tangerang  Jln Kisamaun Kota Tangerang.     Rapat dibuka oleh Pimpinan Pansus III (Ahmad Supriadi, SE) , yang di dampingi oleh Koordinator Pansus III (Nazil Fikri, Sag) ,dan   Wakil Ketua Pansus III (H. Usman A. Gani)  serta para Anggota Pansus III lainnya, dan  dihadiri  oleh Pimpinan OPD terkait Dinas Pengendalian Pednduduk dan KB, BP3A,  Pemdes, Bagian Hukum, Kanwil Kum Ham Provinsi Banten.

Ahmad Supriadi  Ketua Pansus  III,  mengatakan bahwa Rapat pada hari ini akan membahas Raperda tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga Kabupaten Tangerang , kami  berharap  dalam pembahasn ini  ingin mendapat  masukan dan tanggapan dari draf  Raperda ini  sebagai bahan  untuk memperkaya dan penyempurnaan draf Raperda ini.

Dinas Pengendalian Pendidikan & KB , Memandang Raperda ini sangat penting, oleh karena itu kami akan mensuport.   a) Pasal 47/48 tentang perkembangan kependudukan, harus menyampaikan     tentang fungsi keluarga dirinci, & fungsi keluarga versi BKKBN yaitu anak,remaja,lansia.  b) Pasal 47/48 dirinci, dalam arti diperjelas tentang Anak, Balita, Remaja, Lansia.    Sehingga isi  perda-nya bagi secara keseluruhan keluarga.      c) Harus  teruraikan objeknya apa ? 1. Penyelenggaraan keluarga, 2. Pembangunan keluarga, 3. Ketahanan keluarga.

DP3A,   Kami Sangat Mendukung sekali Raperda Ini, Karena sebagai salah satu tupokasi di OPD kami, dan menyarankan untuk pembahasan bersama dahulu dikantor supaya meching.

Tim Asistensi ,    Ada beberapa hal dalam naskah Akademis,    a) Rujukan UU No.52/2009 tentang perkembangan kependudukan padahal yang dimasukan ketahanan keluarga, jadi harus di masukan rujukan lainnya.      b) Ketahanan keluarga tidak harus penceraian, tetapi ada pernikahan dini, dll disebutkan semua, jadi mohon dimasukan,       c) Maksud dan tujuan Raperda ini belum ada, batasan dan tahapan belum ada dan banyak hal dibatang tubuh yang belum jelas.      d)  Ada beberapa hal yang disampaikan baru setengah matang, terutama masalah kewenangan masih provinsi ,    e)   Bagaimana tataran implementasi, kebijakan yang tidak jelas.    f)  Sasarannya mewujudkan keluarga berkualitas, maka harus dilaksanakan 8 fungsi keluarga, strateginya apa ? belum ada aksi.      g)  Strategi & Indikator tidak hanya pendataan, tetapi konkritnya apa ?

Kemenhumkan Provinsi Banten ,  Raperda ini     Ada 3 substansi,     1. Pengendalian penduduk,   2. Pengendalian keluarga berencana. 3. Keluarga sejahtera, ( padahal kewenangan ada 3, tetapi yang di atur No. 3 ),       Draft ini harus di susun ulang sesuai dengan kebutuhan 3 OPD Untuk paying 3 OPD Dengan 1 Perda

Pansus  III   menyimpulkan  Pembahasan lebih lanjut harus sudah lebih ada legal drafting yang sudah terkoneksi kebutuhan OPD terkait,    Agar dalam pembahasan kita harus diskusi & pada pembahasan berikutnya eksekutif harus lebih aktif    dan  Draft Raperda ini harus lebih detail dalam berbagai aspek.(RONALD)

Categorised in: ,

Comment Closed: Pansus III DPRD Kabupaten Tangerang Bahas Raperda Ketahanan pembangunan keluarga

Sorry, comment are closed for this post.