Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Syiar Islam & Peradaban Manusia » USTADZ DR. KHALID BASALAMAH, MA

USTADZ DR. KHALID BASALAMAH, MA

(562 Views) September 15, 2018 11:00 pm | Published by | No comment

USTADZ DR. KHALID BASALAMAH, MA

Keterangan Gambar ; DR.Khalid Basalamah,MA bersama Sandiaga Salahuddin Uno

Beritatanahair.com

 

Bagi anda yang sering menonton ceramah di televisi atau di youtube pasti tidak asing lagi dengan ustadz yang satu ini. Beliau bernama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, dilahirkan di Makassar tanggal 01 Mei 1975.

 

Ustadz Khalid Basalamah menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah kemudian melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan kemudian melanjutkan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Ustadz Khalid Basalamah ini terkenal dengan penyampaian ceramahnya yang sangat tegas dan santun. Beliau sering tampil berceramah di televisi-televisi dakwah seperti insantv, wesaltv dan lain-lain sebagainya. Demikian pula di youtube juga banyak tersebar rekaman ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang dengan mudah dapat anda akses.

 

Melalui ceramah beliau (setelah taufiq dari Allah) banyak ummat muslim yang mendapat hidayah dan kembali kepada ajaran Islam yang benar. Contohnya seperti Teuku Wisnu yang dulunya adalah seorang pemain sinetron terkenal yang kini alhamdulillah Teuku Wisnu (Abu Adam) telah meninggalkan pekerjaannya yang banyak pelanggaran syari’at tersebut. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Teuku Wisnu dalam tabligh akbar Ustadz Khalid Basalamah yang berjudul “Inilah Generasi Emas Islam” bertemakan “Menuju makassar kota berakhalakulkarimah” di Masjid Al Markas Al Islamy pada Rabu 29 Jumadil Awwal 1437 H / 09 Maret 2016 M.

 

Banyak yang mengira bahwa Ustadz Khalid Basalamah adalah saudara kandung Ustadz Syafiq Basalamah, padahal itu tidak benar. Mungkin karena nama kedua ustadz ini sama-sama basalamah sehingga membuat banyak yang menyangka bahwa kedua ustadz ini adalah saudara kandung.

 

Dalam menyampaikan dakwah Ustadz Khalid Basalamah tidak terlepas dari banyaknya tuduhan-tuduhan negatif terhadap beliau, walaupun demikian Ustadz Khalid Basalamah tetap sabar dan bijak dalam menghadapi tuduhan-tudahan miring tersebut, bahkan beliau tetap bergaul dan ramah tamah dengan orang yang tidak sepaham dengannya, beliau tidak pernah menjadikan kesalahan seseorang sebagai ajang permusuhan, karena sesungguhnya bagi beliau setiap muslim itu bersaudara. Ustadz Khalid Basalamah memperjuangkan ajaran Islam yang murni yaitu ajaran Islam yang bersumberkan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman para salafush-shaalih, sehingga apapun rintangannya Ustadz Khalid Basalamah tetap semangat dalam memperjuangkan dakwah yang haq ini. Dan sesungguhnya semakin meningkat ketakwaan seseorang maka semakin banyak ujian yang Allah subhaanahu wata’aala berikan kepadanya, ini adalah sebagai cobaan yang sejatinya akan meningkatkan derajat seseorang disisi Allah ‘azza wajalla.

 

Biodata Ustadz Khalid Basalamah :

 

Nama Lengkap : Khalid Zeed Abdullah Basalamah Kelahiran : Makassar, 01-Mei-1975

Jenjang Pendidikan yang dilalui : S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)

S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia) S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)

 

Kegiatan Lembaga Ustadz Khalid Basalamah Ketua Umum di Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian Penasehat di Wesaltv Jakarta Kegiatan Perbisnisan Ustadz Khalid Basalamah Direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat (Bergerak pada bidang bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD RESTORAN Timur Tengah (Kalibata City Square), AJWAD Souvenir Timur Tengah (Oleh-oleh haji) (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.

 

Jadwal Kajian Ustadz Khalid Basalamah Ceramah Pekanan:

 

Senin dan Jumat jam 9.30-11.30 MT.Baitu Hurun Inn (Bu Amy) 085780187993/0811664392, Jalan.Puri Mutiara 2 No.36 Jeruk Purut Kemang Jakarta Selatan (Kitab Kabair)

 

Selasa Ganjil (1,3&5), Masjid Nurullah Kalibata City Square Lantai LG, Jakarta Selatan, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Minhaj Muslim)

 

Selasa Genap (2&4), Masjid Al Fattah Jatinegara Jakarta Timur, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Minhaj Muslim)

 

Rabu setiap pekan, Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Kabair)

 

Kamis setiap pekan jam 8.30-10.30 pagi, Masjid Istiqomah Kelapa Gading (Sebelah Sekolah Al Azhar). (Kitab Bulughul Maram). Hubungi Bu Julie 0818665669 jam 13.00-15.00

 

Kamis Siang, Kompleks Pati Kostrad Kav.13 Cikeas (Belakang Citra Grand, masuk dari pintu gerbang Citra Grand)

 

(pekan 1&2 Kitab Kabair, pekan 3&4 Kitab Minhaj Muslim). Hubungi Bu Imas 0811927373

 

Ceramah Bulanan : Senin Malam jam 20.00 sampai selesai Cipayung, Jakarta Timur, sebelah sekolah Korea. Hubungi Pak Haiban 08161611243

 

Selasa pagi jam 9.00 sampai 11.00 Cibubur. Hubungi Bu Dewi 0811860130

 

Sabtu 1, Jam 9.00-Dhuhur, Sekolah Emisc Condet, Hubungi pak Wahid 08121348344

 

Sabtu 2; Jam 8.00-10.00, Masjid Al Ihsan Bekasi Barat Jam 11.00-13.30 Kompleks Sentosa Cikarang. Hubungi Bu Yulfiyah 0818966039, Bu Faizah 08161103501

 

Jam 16.00-17.30 Cikampek. Hubungi pak Arie 081511890008 Demikianlah sedikit informasi tentang biografi / biodata Ustadz Khalid Basalamah. Semoga Allah subhaanahu wata’aala senantiasa menjaga beliau dan memberkahi ilmu beliau.

Menikah Dengan Muallaf

Khalid Basalamah menyelesaikan pendidikannya S1 nya di Universitas Madinah. Setelah itu ia kembali ke Makassar. Pada tahun 2000an. Istri Khalid Basalamah diketahui merupakan seorang muallaf seperti yang ia katakan dalam sebuah video di youtube.

Dari pernikahannya tersebut, beliau dikauniai empat orang anak. Untuk pendidikan tingkat master, ia selesaikan di Universitas Muslim Indonesia di Makassar. Dan gelar doktor atau S3 ia selesaikan di Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia.

Menjadi Penceramah

Ustadz Khalid Basalamah saat ini lebih banyak mengisi waktunya dengan menjadi seorang penceramah. Mengisi kajian islam dari masjid ke masjid.

Dalam menyampaikan dakwahnya beliau selalu berdasarkan dari alquran dan hadist serta dari pemahaman pemahaman para sahabat dan serta ulama.

Adapun beberapa kitab yang sering dikaji oleh ustadz Khalid Basalamah dalam setiap ceramahnya adalah yaitu Kitab Bulughul Marom yang berisikan kumpulan hadist mengenai masalah fiqih (hukum) serta kitab Minhajul Muslim yang berisikan penggambaran mengenai ajaran islam secara menyeluruh.

Cara penyampaian dakwahnya pun mudah dimengerti sehingga tak mengeherankan bila jamaah yang hadir selalu ramai saat ia membawakan kajian, meskipun banyak tuduhan-tuduhan negatif yang dialamatkan kepadanya.

 

Sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan makanan dan juga minuman yang halal dan juga bercita rasa tinggi maka DR. Khalid Basalamah MA mempunyai sebuah restoran yang ia beri nama “ Ajwad Resto “ di resto ini Anda bisa menikmati beberapa masakan dan juga minuman yang bernuansa Timur Tengah dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang berkualitas dan juga diramu oleh chef-chef handal. Resto ini merupakan salah satu cara beliau untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dan juga bisa dibilang salah satu cara beliau mengenalkan makanan Timur Tengah kepada masyarakat Indonesia. Alamat Resto ini ada di Jalan Kalibata Raya No 1 Kalibata City Square blok E no 11 Jakarta, Indonesia.

Dari beberapa cuplikan dakwah yang pernah Profil dan Biodata Ustadz Khalid Basalamah sampaikan baim di You Tube maupun secara langsung maka kita akan melihat bagaimana sebenarnya aqidah beliau. Beliau merupakan salah satu ustadz yang sangat berpegang teguh dengan ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang disebarkan oleh Sahabat, Tabiiin dan juga para Imam empat.

 

Terkait dengan pemahaman Ustadz Khalid Basalamah tentang Islam, banyak yang menyebut beliau adalah seorang Wahabi. Namun sebenarnya bagaimana, kita tidak bisa memastikan karena hanya beliau dan Allah yang mengetahui. Semoga saja kita semua terhindar dari berbuat dosa dan berprasangka buruk, amiin.

 

Sanad keilmuan yang dimiliki oleh Ustadz yang satu ini bisa dibilang sangat bagus dan juga bersambung dengan Rasulullah, karena beliau belajar dari ulama Kontemporer kemudian Ulama Salaf, Sahabat dan juga langsung kepada Rasulullah. Selain dengan sanad yang sangat bersambung kepada Rasulullah SAW beliau juga mendalami ilmu agama di pusatnya sendiri yaitu di Madinah dan juga Makkah sehingga beliau bisa faham dan juga mengerti langsung dari beberapa ulama yang langsung ada di sana. Selain itu di Makah dan juga Madinah setiap orang yang belajar langsung bisa memahami fikih secara total karena fikih empat madzhab juga diajarkan di sana. (IKHWAN S/RP)

Comment Closed: USTADZ DR. KHALID BASALAMAH, MA

Sorry, comment are closed for this post.