Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Desa dan Tanahair Tercinta » PERPAG : TERLALU MEMAKSAKAN KEHENDAK Diduga IUP Eksplorasi PT Semen Gombong untuk Ajukan Amdal Baru

PERPAG : TERLALU MEMAKSAKAN KEHENDAK Diduga IUP Eksplorasi PT Semen Gombong untuk Ajukan Amdal Baru

(152 Views) Oktober 14, 2018 12:27 am | Published by | No comment

PERPAG : TERLALU MEMAKSAKAN KEHENDAK

Diduga IUP Eksplorasi PT Semen Gombong untuk Ajukan Amdal Baru

Jakarta,Beritatanahair.com

Ternyata ,Pihak PT Semen Gombong kini telah mengantongi Ijin Usaha Penambangan (IUP) Eksplorasi Batu Gamping sebagai alat untuk kembali ajukan Amdal (Analisis Dampak Lingkungan)yang baru kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

Keluarnya IUP Eksplorasi Batu Gamping dengan Nomor :543.31/1810/2017 ini membuat warga masyarakat Gombong merasa tidak nyaman saat ini. Masyarakat Gombong menilai bahwa pihak pengusaha yang hendak membangun sebuah perusahaan Pabrik Semen di Daerah Gombong itu terlalu memaksakan kehendak,padahal pada pengajuan Amdal PT Semen Gombong sebelumnya dinyatakan di Tidak Layak.

Menanggapi masalah ini,Perpag (Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong)melalui juru bicara Perpag Adi Haikal kepada wartawan via Ponsel ,Kamis (11/10/2018)malam ,menuturkan bahwa menanggapi telah keluarnya IUP Eksplorasi Batu Gamping PT Semen Gombong , Perpag telah menyurati DRPD Kabupaten Kebumen tertanggal 8 Oktober 2018 yang isinya meminta DPRD Kebumen me-mediasi dalam satu pertemuan antara Perpag dengan Bappeda dan pihak PT Semen Gombong agar mengetahui maksud dari adanya IUP Eksporasi Batu Gamping tersebut.

“Kami (Perpag) telah menyurati Ketua DPRD Kabupaten Kebumen untuk memediasi Perpag dengan Bappeda Kabupaten Kebumen dan pihak PT Semen Gombong,”kata Adi.

Namun,ujar Adi menambahkan,Pihak DPRD melayangkan balasan surat Perpag tertanggal 10 Oktober 2018 yang menyebutkan bahwa menanggapi surat Perpag,”Kami di DPRD Kebumen belum dapat fasilitasi tentang mediasi yang dimaksud,dikarenakan pimpinan dan anggota DPRD ada kegiatan lainnya”.Menurut Adi, hal ini sangat disayangkan,dimana pihak DPRD Kebumen terkesan mengabaikan keinginan serta tidaknpeduli terhadap masyarakatnya dengan tidak menjelaskan waktu yang diberikan untuk mediasi.

“Namun belum jelas kapan waktu  yang diberikan oleh DPRD Kabupaten Kebumen untuk mediasi seperti  diharapkan,”cetus Adi

Sementara itu Bea Julia,sebagai Pendamping Perpag dari Unindra (Universitas Indra Prasta PGRI) mengatakan,Adanya IUP Eksporasi Batu Gamping tidak perlu di khawatirkan secara serius,sebab masalah Karst Gombong dalam pengembalian KBAK (Kawasan Bentang Alam Karst)Gombong Selatan saat ini sudah menjadi pembahasan di KSP (Kantor Sekretariat Presiden) serta di DPR RI yang dalam waktu dekat ini akan dilakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) oleh   Komisi VII DPR RI yang membidangi masalah ini.

“Keluarnya IUP Eksplorasi Batu Gamping itu tidak lah menjadi persoalan serius,sebab masalah KBAK sedang di bahas di KSP dan pihak DPR RI melalui komisi VII dalam waktu dekat akan melakukan RDP tentang KBAK ini,”jelas Bea

Bae menambahkan,wajar memang bagi masyarakat merasa ke khawatir dan merasa dihantui akan adanya IUP tersebut.Akan tetapi proses pihak PT Semen untuk melakukan penambangan di area lokasi kawasan Karst tidak mudah seperti apa yang di bayangkan masyarakat. Diharapkan masyarakat untuk tetap tenang dengan isyu-isyu yang berkembang.Sebab masalah KBAK ini sudah di ketahui oleh Presiden dan bahkan akan segera di bahas dalam RDP DPR RI.

“Memang Wajar  masyarakat Gombong merasa dihantui dengan adanya IUP itu.Namun yang perlu di pahami adalah  bila keinginan pihak PT Semen ingin menambang dikawasan itu,tidak semudah yang dibayangkan masyarakat,maka diharapkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isyu yang berkembang.Sangatdiyakini Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden dan para wakil rakyat di DPR RI akan lebih mengutamakan keinginan rakyatnya ,”terang Bea

Sedangkan menurut Tulus Widjajanto, menganggap IUP Eksporasi itu muncul menjadikan pertanyaan,bahwaYang perlu untuk diketahui adalah

  1. Dasar perpanjangan SIUP ?
  2. Knp bisa diperpanjang SIUP?Sedangkan Amdal yang diajukan pihak PT Semen yang lalu jelas-jelas dinyatakan Tidak Layak.
  3. Prosedur perpanjangan SIUP?

Dengan mengetahui hal diatas, kita tau rencana,strategi dan pemain serta peran “drama baru” yg akan dimainkan oleh mereka.

“Adanya IUP ini jelas menjadi pertanyaan,dan tentunya harus dijelaskan nantinya agar masyarakat tau maksud dan tujuannya,”ucap tulus. (BP)

Comment Closed: PERPAG : TERLALU MEMAKSAKAN KEHENDAK Diduga IUP Eksplorasi PT Semen Gombong untuk Ajukan Amdal Baru

Sorry, comment are closed for this post.