Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Desa dan Tanahair Tercinta » Ingin Perkaya Raperda tentang Desa Pansus I sharing dengan DPRD Kabupaten Badung Provinsi Bali

Ingin Perkaya Raperda tentang Desa Pansus I sharing dengan DPRD Kabupaten Badung Provinsi Bali

(127 Views) Oktober 30, 2018 11:22 am | Published by | No comment

Ingin Perkaya Raperda tentang Desa Pansus I sharing dengan DPRD Kabupaten Badung Provinsi Bali

Tigaraksa,Beritatanahair.com

Dalam rangka memperkaya pembahasan Raperda tentang Desa Pansus I DPRD Kabupaten Tangerang dipimpin oleh Ketua Pansus I Ir. Bagus Remasaski, didampingi oleh Wakil Ketua Jayusman, Sekretaris Pansus I Ukar Sarih, dan para anggota pansus I lainnya (Selasa 16/10-2018) sharing dengan DPRD Kabupaten Badung Bali, diterima oleh Pimpinan Komisi I DPRD Kabupaten Badung I Made Subawa, dan Ida Bagus Yudaka.

Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Tangerang Ir. Bagus Remasaski dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Badung I Made Subawa, dan Ida Bagus yudara (DPMD) Kabupaten Badung Provinsi Bali, yang telah meluangkan waktu menerima rombongan kami dari Pansus I DPRD Kabupaten Tangerang untuk sharing/informasi.
Maksud dan tujuan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Badung Bali ini dalam rangka memper oleh informasi sekaligus sharing pendapat mengenai Raperda tentang Desa/perangkat Desa. Karena kami saat ini sedang membahas Raperda perubahan Perda No.9/2014 tentang Desa, didalamnya diantaranya perangkat Desa. Kami membuat draf Raperda ada beberapa pasal Perubahan Perda No.9/tentang Desa, untuk itu sharing/diskusi ini hasilnya nanti sebagai bahan kami untuk melengkapi dan memperkaya Raperda tentang Desa yang kami sedang bahas.

Komisi I DPRD Kabupaten Badung I Made Subawa, dalam sambutannya mengatakan bahwa : Mengucapkan terima kasih kepada Pansus I DPRD Kab. Tangerang yang memilih Kabupaten Badung Bali untuk studi koparasi untuk sharing mengenai Raperda tentang Desa. Kami di Kabupaten Badung Provinsi Bali telah membuat Perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa, di Kabupaten Badung Bali.

Kabupaten Badung Bali luas wilayah 418,62 km2, 6 Kecamatan dibagi menjadi 3 wilayah pembangunan, Desa adat 122, desa dinas 46, Kelurahan 16, Penduduk 468.346 jiwa.
Jumlah DPRD 40 Anggota, APBD tahun 2018 sebesar 6,567 Triliun lebih, dan PAD 5,7 Triliun lebih. Tahun 2015 PAD 2,8T, 2018 Rp. 6,5T, 22% sekitar Rp. 350 M. wajib disumbangkan ke daerah lain yang pemanfaatannya untuk meningkatkan pariwisata.

Ketua Komisi I Kabupaten Badung Made Subawa, dan DPMPD kabupaten Badung menjelaskan bahwa Program kerja Bupati dan DPRD yakni mandiri dalam ekonomi, politik, berkepribadian dalam Budaya, serta menghasilkan 9 sasaran pokok.
Di Kabupaten Badung Sekolah gratis termasuk alat sekolah termasuk kaos dalam, dan 1 laptop/siswa, Untuk Kesehatan Bebas dari biaya rumah sakit, dan diberikan insentif bagi penunggu yang Sakit sebesar 200 ribu/hari maksimal Rp. 5 juta. dan orang meninggal dunia diberikan biaya pemakaman dll sebesar Rp. 10 juta rupiah.
Dalam Perda mengenai Pemilihan Kepala Desa, diatur oleh Panitia Desa, dan mempunyai persyaratan khusus seperti calon kades minimal harus tinggal 1 tahun sebelumnya di Daerah tersebut, namun demikian akan tetap mematuhi keputusan MK.

Untuk Kelurahan memang sudah diatur Sesuai UU 22/1999, semua Desa di ibukota Provinsi menjadi Kelurahan. Di kabupaten Badung Semua kegiatan ada pada Desa Dinas, dan biasanya didalam 2 desa dinas ada 1 desa adat, sehingga desa dinas dan desa adat saling mengikat.

Sesuai Peraturan Bupati, Kades mendapat tunjangan insetif Rp 18 juta/bulan, perangkat Desa Rp. 6 juta perbulan, perangkat kewilayahan termasuk yang berdoa, lansia Rp. 1 juta/bulan dan penduduk yang beusia 72 tahun keatas mendapat sumbangan 1 juta rupiah, kecuali pensiunan ABRI, PNS dan Veteran.
Perangkat Desa sudah menjadi anggota asuransi ketenaga-kerjaan. dan di Kabupaten Badung dalam rangka mensejah-terakan masyarakat Ada 1265 UMKM yang sudah berizin.(Ronald)

Comment Closed: Ingin Perkaya Raperda tentang Desa Pansus I sharing dengan DPRD Kabupaten Badung Provinsi Bali

Sorry, comment are closed for this post.