Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lifestyle » Restaurant Republik Jengkol >>> Surga Bagi Penikmat Jengkol

Restaurant Republik Jengkol >>> Surga Bagi Penikmat Jengkol

(211 Views) November 13, 2018 6:15 am | Published by | No comment

Restaurant Republik Jengkol >>>  Surga Bagi Penikmat Jengkol

Penulis : Ardhi Ridwansyah

JAKARTA ,Beritatanahair.com

Keterangan Gambar : Restaurant Republik Jengkol yang berlokasi di Kramat jati , Jakarta-Timur

Warung makan Republik Jengkol yang berlokasi di Jalan Kerja Bakti No. 16, RT. 2/ RW. 10, Kramat Jati, Jakarta Timur menyajikan pelbagai menu hidangan olahan jengkol. Dari Balado jengkol, tongseng jengkol, pasta jengkol, jengkol lada hitam, bebek jengkol dan masih banyak lagi. Uniknya, hidangan jengkol di warung makan yang telah berdiri sejak 2012 ini tidak menimbulkan aroma jengkol yang menyengat ketika dikonsumsi.

Keterangan Gambar : Salah satu menu santapan Serba Jengkol (foto : Ardhi Ridwansyah-beritatanahair.com)

Bermula dari istrinya yang hobi makan jengkol di luar dan membawa “pulang” baunya ke rumah, Fatoni (48) selaku pendiri Republik Jengkol, berpikir untuk menghilangkan bau jengkol yang menyengat tersebut.
“Dari situ saya coba dengan pengetahuan saya yang ada. Karena dari kecil saya suka utak-atik herbal. Kemudian, saya ambil contoh misalnya, lengkuas, daun salam , sereh, sama daun jeruk yang fungsinya kalau daun salam sama lengkuas itu untuk menghilangkan zat kapur, kalau aroma cukup sereh sama daun jeruk. Pertama yang saya coba hasilmya seperti yang saya jual sekarang. Emang gak berbau,” ucap Fatoni ketika ditemui di warung makannya, Kamis (8/11/2018).

Untuk kualitas jengkolnya, pria kelahiran Yogyakarta, 27 Maret 1970 itu berpendapat kalau jengkol yang berkualitas bagus, kuncinya berusia tua dan bentuknya bulat, tidak gepeng.
“Jengkol itu yang paling bagus dari Jepara, kedua, Sulawesi, dan ketiga, Bandar Jay Lampung. Kuncinya kalau pilih jengkol itu bulat, jangan gepeng. Karena kalau gepeng itu ada pahit-pahitnya,” ujar pria lulusan seni lukis SMSR Yogyakarta tersebut.
Harga makanan yang ada di Republik Jengkol relatif tidak membuat kantong jebol. Untuk hidangan yang non-jengkol itu dikisaran 15 ribu rupiah. Sementara menu yang ada jengkolnya, berkisar antara 20 ribu hingga 25 ribu rupiah.

Keterangan Gambar : Para Penikmat jengkol dari berbagai kalangan (foto : Ardhi Ridwansyah-dok beritatanahair.com)

Warung makan Republik Jengkol buka hari Selasa sampai Minggu dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Warung makan yang pernah disorot oleh beberapa media massa ini, pernah memiliki cabang di Jalan Raya Bogor km 24 No. 27 Gongseng, Jakarta Timur. Tetapi, sekarang yang di lokasi tersebut sudah tidak buka lagi. Kini, Republik Jengkol hanya ada di dua tempat. Kramat Jati, Jakarta Timur dan cabangnya ada di Tambun, Bekasi.
“Ya insya Alllah kalau memang ada progress ke sana, kita akan buka lagi. Kalau memang ada rezeki kita pasti akan buka lagi. Buka di tempat-tempat yang lain gitu,” pungkasnya.

Salah satu pembeli di warung makan Republik Jengkol, Nugroho, mengaku dengan adanya Republik jengkol ini bisa meningkatkan harga diri jengkol.
“Ya baguslah, berarti mengangkat harga diri jengkol. Ya supaya jadinya image jengkol sekarang sudah terangkatlah, jadi makanan yang gak dimakan sembunyi-sembunyi. Sekarang sudah dimakan terang-terangan. Menjadi suatu menu yang unik dan enak dimakan,” kata pria yang memang sudah dari kecil suka makan jengkol itu.

Categorised in:

Comment Closed: Restaurant Republik Jengkol >>> Surga Bagi Penikmat Jengkol

Sorry, comment are closed for this post.