Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Desa dan Tanahair Tercinta » Pembukaan Pelatihan Serta Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se Provinsi Banten Tahun 2018

Pembukaan Pelatihan Serta Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se Provinsi Banten Tahun 2018

(245 Views) November 15, 2018 5:18 am | Published by | No comment

Pembukaan Pelatihan Serta Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se Provinsi Banten Tahun 2018

 

Keterangan Gambar : Dra. Enong Suhaeti, M.Si selaku plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten membuka acara Pelatihan Serta Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se Provinsi Banten Tahun 2018 (Dokumen: Beritatanahair.com)

 

Tangerang , Beritatanahair.com

Arahan dari Peraturan Menteri Desa (Permendes) No. 3 tahun 2014 mengamanahkan tentang pentingnya melakukan Peningkatan Kapasitas terhadap Pendamping Desa. Peningkatan Kapasitas terhadap Pendamping Desa se Banten merupakan suatu upaya memberikan penguatan dan arahan dalam mengimplementasikan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tujuan dalam Pendampingan Desa dalam peraturan menteri ini meliputi untuk meningkatkan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas Pemerintah Desa dan Pembangunan Desa, meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat Desa dalam pembangunan desa yang partisipatip, meningkatkan sinergi program pembangunan Desa antar sektor dan mengoptimalkan aset lokal desa secara emansipatoris.

Pendampingan Desa mempunyai tugas meliputi :

1. Mendampingi desa dalam perihal perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan desa.

2. Mendampingi desa dalam melaksanakan pelayanan sosial dasar.

3. Melakukan Peningkatan kapasitas bagi pemerintahan desa.

4. Melakukan pengorganisasian didalam kelompok-kelompok masyarakat desa.

5. Melakukan Peningkatan terhadap kapasitas kader pemberdayaan masyarakat desa.

6. Mendampingi desa dalam pembangunan kawasan Perdesaan secara partisipatif, dan

7. Melakukan koordinasi pendampingan ditingkat kecamatan dan memfasilitasi laporan pelaksanaan pendampingan oleh camat kepada pemerintah Kabupaten.

Keterangan Gambar : Peserta dari Pendampingan Desa Se Provinsi Banten (Dokumen : Beritatanahair.com)

Dalam kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Kyriad Neglasari Kota Tangerang dimulai dari tanggal 12 – 17 November 2018 dan dibuka secara resmi oleh Ibu Dra. Enong Suhaeti, M.Si selaku plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten dan didampingi oleh Ibu Tety Elwati selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten, KPW Banten, TA kabupaten se banten, menyatakan bahwa “Kita merupakan mitra dari Pemerintah Desa dan jangan sampai perangkat desa beranggapan lain terhadap Pendamping Desa, kepada semua pendamping Desa diharapkan benar-benar memperhatikan materi-materi yang akan diberikan oleh Pelatih sehingga diharapkan kedepannya agar Pendamping Desa dapat mengimplementasikannya dilapangan dan ¬†kedepannya kepada Pendamping Desa untuk membuat rencana kegiatan setiap bulannya sehingga segala macam keperluan dan panduan dapat disampaikan dengan tepat, dan kepada TA Kabupaten se Banten diharapkan selalu berkoordinasi terhadap SKPD yang ada dan selalu melakukan komunikasi kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di masing-masing kabupaten untuk menyingkronisasikan program-program dan regulasi-regulasi yang mengatur tentang segala macam tentang pelaksanaan Pemerintahan Desa.

Dalam kegiatan pelatihan ini di hadiri 209 peserta Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Desa Tehnik kabupaten se Provinsi Banten, 18 orang Tenaga Ahli kabupaten se banten, 10 orang KPW Banten.(Ronald)

Categorised in:

Comment Closed: Pembukaan Pelatihan Serta Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se Provinsi Banten Tahun 2018

Sorry, comment are closed for this post.