Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » DPRD Kabupaten Tangerang Bahas RPJMD bersama Bupati Tangerang

DPRD Kabupaten Tangerang Bahas RPJMD bersama Bupati Tangerang

(91 Views) Desember 12, 2018 5:19 am | Published by | No comment

DPRD Kabupaten Tangerang Bahas RPJMD bersama Bupati Tangerang

Tangerang,beritatanahair.com

Anggota DPRD Kabupaten  Tangerang  bahas  RPJMD Kabupaten Tangerang tahun 2019-2023. Rapat Pembahasan RPJMD dipimpin oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain,  didampingi Wakil  Bupati  H.Mad Romli,  Ketua DPRD H. Sumardi , S.Pd,  wakil DPRD Barhum HS,S.IP. dan Sekda Kabupaten Tangerang , Rapat dihadiri oleh Anggota DPRD, Bappeda dan undangan lainnya.   Kegiatan  berlangsung pada tanggal 3-5 Desember 2018, bertempat di  Ruang Rapat Pedopo Kota Tangerang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya mengemukakan  bahwa Dasar hukum RPJMD adalah UU No.23 tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah, Permendagri No.86/2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tentang rencana RPJPD dan RPJMD  serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan Renja Pemda.

RPJMD  merupakan penjabaran dari visi-misi dan program Kepala daerah yang memuat tujuan ,sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah, dan keuangan daerah, serta program prangkat  daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan pada RPJPD, RTRW, dan RPJMD.

Sementara itu  H. Sumardi Ketua DPRD dalam sambutnnya mengatakan DPRD memandang perlu untuk  memberikan perhatian serta dukungan program prioritas  terhadap pemilihan strategi dan penetapan kebijakan pembangunan daerah Kab Tangerang Jangka menengah 2019-2023 sesuai visi misi Bupati serta  dukungan terhadap RPJP Kab. Tangerang.

Sedangkan Kepala Bappeda, dalam paparannya menjelasakan terkait dengan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah .  diantaranya adalah Perencanaan Pembangunan yaitu Rencana Pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD, RKPD),    Rencana Perangkat Daerah (Renstra dan Renja).

RPJPD menjadi pedoman dalam perumusan visi,misi dan program calon kepala daerah. RPJMD sebagai intrumen evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah. RKPD sebagai instrument evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.   menjadi pedoman kepala daerah dalam penyusunan KUA serta PPAS.

RPJMD  (Persiapan Penyusunan, Penyusunan Rancangan awal,  Penyususnan Rancangan, Pelaksanaan Musrenbang, Perumusan Rancangan akhir, Penetapan.

Isu strategis internal (Aspek pengembangan sumber daya masnusia,  Aspek pembangunan ekonomi,  Aspek permasalahan bidang infrastruktur dan lingkungan hidup,   Aspek Tata Kelola pemerintahan.

Isu Strtegis Eksternal (Kesenjangan wilayah,  Daya saing daerah/sda dan sumber daya manusia,   Kemiskinan dan pengangguran serta tata kelola pemerintahan).   Isu Strategis Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang.

Visi RPJMD Kabupaten Tangerang tahun 2005-2025  (Kabupaten Tangerang berdaya saing menuju masyarakat madani).

Visi RPJMD 2019-2023,   mewujudkan masyarakat Kabupaten tangerang yang  Religius , Cerdas, sehat dan Sejahtera.(RONALD)

Categorised in:

Comment Closed: DPRD Kabupaten Tangerang Bahas RPJMD bersama Bupati Tangerang

Sorry, comment are closed for this post.