Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » Paripurna DPRD Kab.Tangerang Serahkan Asset Tanah dan Bangunan Ke Kota Tangerang

Paripurna DPRD Kab.Tangerang Serahkan Asset Tanah dan Bangunan Ke Kota Tangerang

(102 Views) Desember 18, 2018 5:40 am | Published by | No comment

Paripurna DPRD Kab.Tangerang Serahkan Asset Tanah dan Bangunan Ke Kota Tangerang

Tigaraksa , Beritatanahair.com

keterangan Gambar : Anggota dan ketua DPRD Kabupaten Tangerang lakukan Rapat Paripurna yang di Hadiri Bupati Tangerang terkait penyerahan sejumlah asset tanah dan bangunan ke kota Tangerang pada senin (17/12)

Aset Pemerintah Kabupaten Tangerang yang akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Tangerang sebanyak 49 item/titik , besaran  nilai nominalnya mencapai Rp 303.604.256.374.00 (Tiga ratus tiga milyar enam ratus empat juta dua ratus lima puluh enam ribu tiga ratus tujuh puluh empat rupiah).

Demikian ketua DPRD Kabupaten Tangerang H.Sumardi,SPd  saat rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang, terkait  Penetapan Keputusan DPRD Terhadap Penyerahan Asset Pemerintah kabupaten Tangerang ke Kota Tangerang, Senin, (18/12/18) di ruang rapat paripurna utama, Tigaraksa.

Penyerahan asset sesuai surat Bupati Nomor 032/627 – BPKAD perihal Revisi Usulan Pemindahtanganan Aset Milik Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Aset Kora Tangerang yang akan diserahkan ke Kabupaten Tangerang berupa lima bidang tanah tersebar di empat Kecamatan Kabupaten Tangerang dengan nilai sebesar Rp.5.945.460.000.00 (Lima millyar sembilan ratus empatpuluh lima juta empat ratus enam puluh ribu rupiah).

“Perlu kami sampaikan bahwa rencana pemindahtanganan asset ini tertunda kurang lebih 1.5 tahun sejak pansus l menyelesaikan tugasnya , Tertundanya pemindahtangan tanganan asset ini, dikarenakan ada beberapa asset yang perlu dilakukan joint opname oleh kedua belah pihak,” terang Bupati di sidang paripurna.

Selanjutnya pada tanggal 26 November 2018, Gubernur Banten telah memfasilitasi penyelesaian Permasalahan asset antara Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan Pemerintah Kora Tangerang, yang dituangkan dalam berita acara dengan hasil sebagai berikut.

Membentuk tim teknis penyelesaian Aset di masing-masing wilayah Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang

Pemerintah Kabupaten Tangerang siap menyerahkan kepada Pemerintah Kota Tangerang sejumlah 56 bidang dengan total luas tanah 154.464 M2 dan Bangunan 12.125 M2

Pemerintah Kota Tangerang siap menyerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sejumlah 5 lokasi terdiri dari 26 bidang dengan total 436.852 M2 , Pelaksanaan joint opname kedua pihak selesai hingga 1O Desember 2018.

Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang dilaksanakan sebelum tanggal 10 Desember 2018

Memperhatikan Berita Acara Hasil Rapat yang menghasilkan 5 point. pada tanggal 3 Desember 2018 Ka. BPKAD dan Kabid Aset telah memberikan penjelasan. Selanjutnya pada tanggal 10 Desember 2018 Ka. BPKAD dan Kabid Aset telah menyerahkan dokumen sekaligus memberikan penjelasan kepada Panitia Khusus, terkait tindaklanjut rencana pemindahtanganan Asset Pemerintah Kabupaten Tangerang ke Pemerintah Kota Tangerang

Berita acara hasil rapat serah terima Aset antar Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan Pemerintah Kota Tangerang, bernomor 125.3525 – Pem/2018 tertanggal 26 November 2018 yang difasilitasi oleh Gubernur Banten.

“Pemindahtanganan Aset dilakukan dengan cara Hibah. dimana dalam hibah ini tidak mempersoalkan nilai besarnya asset yang dihibahkan. Akan tetapi yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah untuk kepentingan public,” terangnya.

Aset Kabupaten Tangerang yang akan diserahkan seluruhnya kepada Kota Tangerang sebanyak 56 bidang tanah, dan/atau bangunan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang berada di Kota Tangerang dengan total luas tanah154.464 M2 dan Bangunan 12.125 M2.

Aset Kota Tangerang yang akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sejumlah 5 lokasi terdiri dari 26 Bidang tanah dengan total luas 435.852 M2. Pemindahtanganan aset milik Pemerintah Kabupaten Tangerang ke Pemerintah Kora Tangerang dengan cara Hibah, harus betul-betul sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor l9 Tahun 2016 dan perundang-undangan lainnya yang terkait.

“Kami mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk segera melakukan pembahasan dan mengeksekusinya sehingga diharapkan pelaksanaan hibah antara Pemerintah Kabupaten
Tangerang kepada Pemerintah Kota Tangerang, begitupun sebaliknya dapat dilakukan bersama-sama”Ungkap Bupati Tangerang.

Usai sidang Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Sumardi mengatakan, penyerahan asset telah dibahas oleh Panitia Khusus I DPRD. Pansus melakukan pengkajian terhadap hal yang berkaitan dengan penyerahan asset.

“Tinggal dokumen-dokumen pendukung perlu dipenuhi dalam rangka tertib administrasi pengelolaan barang daerah. Agar pemindahtanganan aset ini dapat diselesaikan sesuai perundang-undangan,”Ucap ketua DPRD Kabupaten Tangerang .

Categorised in:

Comment Closed: Paripurna DPRD Kab.Tangerang Serahkan Asset Tanah dan Bangunan Ke Kota Tangerang

Sorry, comment are closed for this post.