Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Desa dan Tanahair Tercinta » Ikuti Arahan Menteri, Pendamping Desa Tetap Bantu Korban Tsunami di Wilayah Sulit Di Jangkau

Ikuti Arahan Menteri, Pendamping Desa Tetap Bantu Korban Tsunami di Wilayah Sulit Di Jangkau

(259 Views) Desember 28, 2018 3:08 am | Published by | No comment

Ikuti Arahan Menteri, Pendamping Desa Tetap Bantu Korban Tsunami di Wilayah Sulit Di Jangkau

Pandeglang,Beritatanahair.com

Dampak Tsunami Selat Sunda membuat panik masyarakat. Oleh karenanya Menteri Desa PDTT RI, Eko Putro Sandjojo memerintahkan kepada Dirjend Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid agar Pendamping Desa tetap membantu korban bencana di wilayah tugasnya, terutama wilayah sulit di jangkau.

Menjalankan instruksi tersebut para Pendamping Desa melakukan beberapa hal dengan cepat, seperti evakuasi jenazah di sekitar desa, bersama Kepala Desa membuka posko bencana di kantor desa, menyaluran logistik berbasis desa, menenangkan warga saat panik dan mengungsi, bersama Pemuda membuka akses jalan, mencari genset atau lilin untuk penerangan saat malam hari.

Kesaksian diungkapkan oleh Marja, Pendamping Desa di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang. Saat pasca Tsunami saya membantu pengungsian penduduk di pegunungan, yakni Pegunungan Pamatang Kanyere, Cigeulis yang jaraknya 2 KM dan hanya bisa diakses dengan jalan kaki,”ucapnya pada Selasa(25/12/18).

Saya dan teman-teman Pendamping Desa lainnya juga mengevakuasi jenazah di satu kampung yang luluhlantah oleh Tsunami yaitu Kampung Kalapa Koneng Desa Banyu Asih, Cigeulis.

Sampai berita ini diturunkan oleh beritatanahair.com masih sering terjadi kepanikan yang dirasakan warga desa. Hal ini tidak lepas dari Rilis BMKG, status Waspada Tsunami Selat Sunda sampai tanggal akhir Desember.

Adanya peningkatan aktivitas yang terjadi anak Gunung Krakatau sehingga statusnya juga di tingkatkan dari Waspada (Level II) menjadi siaga (Level III),Radius aman di perluas yang semula 2 km menjadi 5 km dari kawah anak Gunung krakatau.

Kepada Masyarakat di harap untuk tetap tenang,tidak panik dan siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,ikuti arahan dan petunjuk dari pemerintah dan instansi yang berwenang.(Ronald)

Categorised in:

Comment Closed: Ikuti Arahan Menteri, Pendamping Desa Tetap Bantu Korban Tsunami di Wilayah Sulit Di Jangkau

Sorry, comment are closed for this post.