Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Desa dan Tanahair Tercinta » Forum PKBM Kabupaten Tangerang Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA)

Forum PKBM Kabupaten Tangerang Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA)

(272 Views) Desember 29, 2018 8:35 pm | Published by | No comment

Forum PKBM Kabupaten Tangerang Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA)

Beritatanahair.com. Tangerang

Forum PKBM Kabupaten Tangerang,  menggelar Kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) di Aula Hotel Lemo Kelapa Dua Kab. Tangerang, 28 – 29 Desember 2018.

Kegiatan yang di selenggarakan Forum PKBM Kabupaten Tangerang itu mengundang para nara sumber pakar aplikasi Sispena dari BAP PAUD dan Dikmas Provinsi Banten serta Praktisi pendidikan Nonformal tingkat Kabupaten, Provinsi.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar satuan lembaga PKBM yang ada di Kab. Tangerang bisa meningkatkan mutu lembaga, pendidik, dan pembelajaran serta persiapan untuk akreditasi satuan lembaga PKBM tahun 2019,” kata Ketua Forum PKBM Kabupaten Tangerang saat acara pembukaan.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Hadisa Mashur,MM, Kabid PAUD dan DIKMAS Drs. Wahyu Budi Saksono, M.Si, Dewan Pendidikan Ahmad Saefi Sobur, SE.,M.Pd.

Hadisa Mashur dalam sambutannya mengatakan, Akreditasi merupakan upaya untuk menstandarisasi satuan Pendidikan dengan standarisasi yang sudah baku, artinya membandingkan antara apa yang ada di satuan Pendidikan dengan instrumen akreditasi yang sudah stndarisasi secara Nasional meliputi delapan standar pendidikan.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk mengajak Direktur PKBM mengukur keberadaan lembaga sudah sampai dimana satuan pendidikan yang bapak ibu kelola dibandingkan dengan instrumen yang ada. Lembaga/PKBM dapat dikatakan sudah memenuhi Standar Nasional apabila sudah masuk dikatagorikan Terakreditasi A, B, C atau minimal Terakreditasi,” ungkapnya.

“Untuk itulah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat menekankan kepada seluruh peserta untuk proaktif menggali ilmu tentang akreditasi ini semaksimal mungkin dengan harapan nanti nilai akreditasi lembaga PKBM di Kabupaten Tangerang nilainya bisa maksimal mungkin sesuai dengan harapan. Untuk itulah sangat menjadi perhatian Kab.Tangerang sampai Satuan Pendidikan untuk mengimplementasikanya di Satuan Pendidikan pada jenjang masing-masing,” jelasnya.

Busron Narasumber dari BAP PAUD dan DIKMAS Provinsi Banten menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan Sispena diantaranya tujuan dari sispena itu sendiri, prinsip-prinsip sispena, strategi, indikator standar pendidikan. Materi Akreditasi meliputi kisi-kisi intrumen akreditasi untuk PKBM yang mencakup semua standar pendidikan, dengan harapan semua lembaga PKBM di Kab. Tangerang mengetahui dan mengenal bagaimana satuan pendidikan itu dapat dikatakan bermutu atau mutunya baik bagi PKBM dan mengetahui instrument apa saja yang dipersiapkan dalam rangka kegiatan persiapan pelaksanaan akreditais di satuan PKBM.(RONALD)

Categorised in:

Comment Closed: Forum PKBM Kabupaten Tangerang Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA)

Sorry, comment are closed for this post.