Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Otonomi Daerah » DPRD Kab.Tangerang Sharing ke Kab.Karawang tentang Pembinaan masyarakat menghadapi Pileg dan Pilpres

DPRD Kab.Tangerang Sharing ke Kab.Karawang tentang Pembinaan masyarakat menghadapi Pileg dan Pilpres

(53 Views) Februari 11, 2019 8:45 am | Published by | No comment

DPRD Kab.Tangerang Sharing ke Kab.Karawang tentang Pembinaan masyarakat menghadapi Pileg dan Pilpres

Karawang,Beritatanahair.com

Dalam rangka memperoleh masukan tentang pembinaan kepada masyarakat,calon pemilih pada Pemilu Pilpres dan Pileg , Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang yang dipimpin oleh Koordinator Komisi I  H. Sumardi, S.Pd , sharing  dengan Kepala Kesbangpol Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat  H.Sujana Rusmana,SH.MM, di Kantor Kesbangpol  Kabupaten Kerawang Provinsi Jawa Barat,pada hari Jumat (1/2/19), yang dihadiri juga oleh Seluruh Anggota Komisi I Anggota DPRD Kabupaten Tangerang.

Dalam diskusi interaktif  yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi I Hj. Uswatun Hasanah  mengemukakan bahwa  kunjungannya ke kantor  Kesbangpol Kabupaten Karawang dalam rangka untuk memperoleh masukan tentang Pembinaan kepada masyarakat terhadap masyarakat menghadapi Pileg dan Pilpres pada tagl 17 April mendatang,tentang sejauh mana pembinaan terhadap masyarakat dan kepada calon Pemilih Legislatif dan Pilpres,  bagi calon Pemilih dan calon Pemilih pemula, selain itu seberapa besar  dukungan anggaran  dan  Bansus (Bantuan  khusus) untuk pembinaan  dan monitoring.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Karawang H.Sujana Ruswana, SH MM,  menjelasakan Peran Pemerintah daerah pada pilkada dan pilpres sesuai UU No.17/2017diantaranya penugasan personel , dan PPS, penyedian sarana, ruangan Sekretariat PPK,  Pemandu ditingkat Kecamatan  dan PPS. pelaksanaan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan Pemilu.,   Pelaksanaan pendidikan politik bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyakat dalam pemilu.Kelancaran transportasi pengiriman logistik, pemantauan penyelenggara pemilu dan kegiatan lain sesuai dengan kegiatan pemilu.

Lebih lanjut Sujana Ruswana menjelaskan Mengenai pelaksanaan dukungan anggaran Pelaksanaan  Pilpres dan Pileg Tahun 2019,    Kesbangpol Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang  mendapat pagu anggaran  600 jutaan, untuk mendukung peran Kesbangpol memfasilitasi wajib pengamanan dan pengawasan  terpadu dan  KPU.     Sedangkan Pemda Kabupaten Karawang sesuai dengan No. 205 tahun 2018 telah memberikan anggaran kepada Kesbangpol  dana hibah 150 jutaan untuk pembinaan pengamanan dan monitoring Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Kami informasikan bahwa pendataan  pada Pilkada untuk tahun 2019  kami selalu koordinasi dengan pihak Ducapil pihak terkait lainnya agar  data valid,    sesuai Perbup dan Permendagri  tentang melakukan pendataan untuk Pemilih, serta  Pemilih pemula , contoh pada saat Pilkada yang lalu capaian kehadiran partisipasi masyarakat sekitar  65,6%,  sedangkan ditahun ini untuk pemilihan Legislatif dan Pilpres ditargetkan anusias kehadiran masyarakat ke TPS diharapkan mencapai 70% masyarakat Kabupaten Karawang.

Terkait pertanyaan tentang pembinaan terhadap pemilih pemula dari ibu Hj. Uswatun Hasanah , Kesbangpol H. Sujana Ruswana,  menjelasakan pembinaan terhadap Pemilih pemula, Kesbangpol   sesuai dengan tugas dan fungsi kami di Kesbangpol yaitu  memfasilitasi dan melakukan pembinaan kemasyarakat langsung khususnya penjelasan tentang Pemilu.  Di tahun ini pembinaan didanai sekitar 150 jutaan.Sedangkan terkait dengan Pemantauan Pilpres dan Pileg  juga    melibatkan Asisten I, sampai Camat, terkait dengan adanya Bansos  dari Provinsi.    Sedangkan kegiatan Monitoring – apabila ada permasalahan dikoordinasikan secara bersama-sama dengan pihak terkait.(Ronald)

Categorised in:

Comment Closed: DPRD Kab.Tangerang Sharing ke Kab.Karawang tentang Pembinaan masyarakat menghadapi Pileg dan Pilpres

Sorry, comment are closed for this post.