Pemuda Harus Tampil Terdepan Menjadi Pelopor Perubahan & Pembangunan Desa

Kab.Tangerang , Beritatanahair.com

Mad Soni (Sonil) merupakan bakal calon Kepala Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya , Kabupaten Tangerang yang selalu didambakan warga setempat.

Pasalnya, Mad Soni yang akrab dipanggil “Kang Sonil , selalu rajin menyapa dan peduli kepada warga setempat tanpa membedakan status, baik itu atas, menengah maupun kalangan bawah.

Pemuda adalah harapan warga masyarakat dan menyimpan potensi besar untuk memimpin pembangunan di pedesaan. Pemuda dapat menjadi kunci keberlanjutan pembangunan dengan pemikiran-pemikiran kekinian.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Pemudi Pemuda Olahraga Nasional (PPON) Provinsi Banten yang sekaligus Pendamping Desa di kabupaten tangerang, Madsoni bin Iyas (Sonil), dalam wawancara santai dengan beritatanahair.com pada Minggu (19/5/19).

“Pemuda itu memiliki pemikiran, tenaga yang besar, semangat, dan kreatifitas untuk bergerak dalam pembangunan di desa. Jika pemuda dapat diberdayakan secara maksimal di  desa, saya yakin itu akan memberi dampak signifikan,” Papar Sonil.

Keterangan Gambar : Sonil juga aktivis di bidang olah Raga sebagai sekretaris PPON Provinsi Banten.(Foto : Ronald /Beritatanahair.com)

Aktivitas pemuda saat ini, lanjutnya, sangat dekat dengan kecepatan informasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut diyakini menjadi modal besar bagi para pemuda untuk tidak lagi abai terhadap pembangunan di desanya.

Selain itu lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pun menjadi dasar bahwa kini desa adalah subjek pembangunan itu sendiri. Kegiatan dan kelembagaan kepemudaan desa pun menjadi media untuk saling berbagi inspirasi. 

“Hal ini sebagai pemantik semangat pemuda untuk membangun desanya. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi upaya meningkatkan peran pemuda dalam membangun negara ini.

Masih kata sonil, di tempat yang sama menyatakan untuk membangun desa dibutuhkan kerjasama semua pihak. Selain itu kepercayaan diri dari masyarakat desa pun harus terus ditingkatkan.

“Jangan malu jadi orang desa, karena tanpa desa, masyarakat kota tidak bisa apa-apa. Tetapi masyarakat desa pun harus terus menjaga kemandiriannya. Sehingga dengan keunikan tersendiri, desa bisa meningkatkan pembangunan desa,” Ungkapya.(ronald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *