Pembahasan KUA –PPAS Perubahan APBD 2019 Kabupaten Tangerang

Tigaraksa, Beritatanahair.com

DPRD  Kabupaten Tangerang  bersama dengan TAPD Kabupaten Tangerang  melakukan pembahasan KUA –PPAS  Perubahan APBD 2019, dipimpin oleh Wakil Ketua Badang Anggaran  Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Tangerang   Barhum HS,S.IP. didampingi  Wakil Ketua Banang Dedi Sutardi, SE. MBA,    Selasa (18/6)2019, Di Hotel Mercure  Ancol Jakarta.   Hadir  juga memberi sambutan  Bupati Tangerang  A. Zaki Iskandar.

Ketua Badan Anggaran DPRD Kab. Tangerang H. Sumardi,S.Pd  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua Barhum HS, S.IP mengemukakan  bahwa Kita sudah berada di bulan ke-enam tahun 2019,  kita telah melaksanakan kinerja dan pengelolaan APBD Murni tahun 2019,  dari hasil evaluasi kinerja Mitra kerja dengan Komisi-Komisi di DPRD pada Triwulan I,  memang hasilnya belum sesuai taget, karena beberapa kegiatan fisik masih dalam proses lelang yang belum selesai, sehingga kegiatan fisik belum terlihat.

Pada kesempatan ini seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diperkenankan untuk menyesuaikan anggaan dimasing-masing lingkup kerjanya sesuai kebutuhan dalam rangka untuk mencipakan  Kabupaten Tangerang  yang gemilang mengacu pada visi-misi  Buapti tahun 2028-2023 serta RPJMD  kabupaten Tangerang tahun 2019-2023.

Saya berharap kepada Badan Anggaran DPRD dan TAPD Kab, Tangerang  dalam pembahasan “KUA- PPAS  Perubahan A PBD Tahun 2019 Kabupaten  Tangerang  dapat dilaksanakan dengan kerjasama yang baik, cermat dan tepat sasaran,  dalam rangka percepatan Pembangunan Kabupaten Tangerang Gemilang.    Semoga hasil pembahasan dapat dijadikan sebuah produk hukum/regulasi  sesuai peraturan yang berlaku.

Sementara itu Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar,  dalam sambutannya mengatakan bahwa forum ini memeiliki makna yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat Kabupaten Tangerang,  mengingat output yang akan  dihasilkan adalah kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan DPRD Kab. Tangerang sebagai dasar kebijakan dalam Perubahan APBD Tahun 2019.    Kita menyadari bahwa dalam perjalanan APBD 2019 perlu ada korelasi dan penyuaian, karena adanya perubahan asumsi terhadap keuangan daerah.

Asumsi tersebut sebagai berikut :

  1. Adanya Perubahan pendapatan yang dipengaruhi peningkatan PAD, penyesuaian dana perimbangan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.
  2. Adanya perubahan penerimaan pembagian yang bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya.
  3. Perlu perubahan belanja daerah yang bersumber dari perubahan pendapatan dan pembiayaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan terkait dengan pedoman penggunaan anggaran tersebut.
  4. Adanya kebutuhan pembangunan daerah yang bersifat penting dan mendesak.
  5. Adanya bantuan keuangan Provinsi Banten dan DKI Jakarta serta kebijakan Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu, saya berharap forum ini dapat merumuskan KUPA dan Perubahan PPAS Tahun 2019, agar diperoleh hasil yang optimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan public dan meningkatkan daya saing daerah serta untuk memenuhi pencapaian target kinerja pada RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023.     Semoga Pembahasan KUPA dan Perubahan PPAS Tahun 2019 dapat menghasilkan kebijakan daerah yang selanjutnya dapat diguakan sebagai acuan dalam penyusunan Rancangan Peraturan daerah Kabupaten Tangerang tentang Perubahan APBD Tahun 2019.

Sedangkan  Pimpinan Team Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang   Drs. H. Moch. Maesal  Rasyid, M.Si,    dalam paparannya mengemukakan bahwa Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) merupakan cerminan  dari prioritas pembangunan daerah yang dikaitkan dengan sasaran yang ingin dicapai termasuk program prioritas dari OPD terkait.  Program-program dari masing-masing OPD disesuaikan dengan urusan pemerintahan daerah yang ditangani dan telah disinkronisasikan dengan prioritas pembangunan nasional.

Penyusunan KUPA Tahun Anggaran 2019 ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan arah dan kebijakan pembangunan yang berkesinambungan dalam pencapaian target RPJMD 2019-2023 yang bersifat penting dan mendesak.
  2. Memberikan arah dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah, yang berisi kebijakan daerah dalam satu tahun anggaran, serta memuat komponen-komponen pelayanan dan tingkat pencapaian yang diharapkan pada setiap fungsi kewenangan yang akan dilaksanakaan dalam satu tahun anggaran.
  3. Memberikan gambaran perubahan asumsi yang berkembang saat ini dibandingkan dengan KUA TA 2019 yang telah ditetapkan sebelumnya meliputi asumsi dasar, kebijakan pendapatan, kebijakan belanja dan kebijakan pembiayaan daerah.

4.  Memberikan acuan dalam penyusunan PPAS Perubahan APBD  TA 2019 untuk menentukan program maupun kegiatan yang akan dilakukan perubahan.(bta_001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *