Jakarta Stamp Show 2019

Jakarta , Beritatanahair.com

Perhimpunan Filateli Indonesia DKI Jakarta , Pemprov DKI Jakarta, Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Pos Indonesia beserta Komunitas Filateli Kreatif Indonesia (Kofki) menggelar pameran benda filateli yang bertajuk Jakarta Stamp Show 2019, di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (31/7/2019) .

Tujuan dihelatnya pameran tesebut guna mengedukasi masyarakat terutama anak generasi masa kini yang mungkin tak terlalu mengenal dan paham akan benda filateli seperti perangko.

“Tujuannya edukasi karena zaman sekarang banyak anak-anak sekolah yang tidak kenal Filateli (perangko, Red) dan anak zaman Now ke kantor pos mungkin jarang ya, apalagi sekarang kan media elektronik kayak medsos itu kan, udah di situ hari-harinya. Generasinya udah beda. Kirim pesan sudah melalui e-mail,” Ungkap Ketua Pelaksana Acara, Sonang Sarah Purba.

Dalam pameran yag digelar untuk kedua kalinya itu, Sonang menerangkan, bahwa pameran ini menyajikan benda-benda yang berhubungan dengan fillateli seperti perangko yang kemudian dikemas sedemikian rupa hingga membentuk suatu cerita. Jadi dalam tiap panel yang tersedia akan memuat perangko serta benda filateli lainnya seperti Sampul Hari Pertama (SHP), Souvenir Sheet, Kartu Pos, dan Warkat Pos yang bisa mengisahkan perjalanan kota Jakarta dari masa ke masa sesuai dengan tema yang diangkat yakni seputar Ibu Kota Jakarta.

“Jadi dari perangko kita bisa belajar sejarah. Khusus hari ini, kita belajar tentang sejarah Jakarta. Jakarta dari masa ke masa, nanti bisa dilihat, dari tahun berapa. Yang kreatifnya itu bisa dilihat ketika beberapa kumpulan barang yang berkaitan dengan filateli seperti perangko dikemas menjadi sebuah cerita,” Kata wanita yang juga Kepala Kantor Flateli Jakarta tersebut.

Perangko memiliki keberagaman jenisnya seperti perangko (advertorial Stamp) tentang ekonomi, infrastruktur, hobi, maupun flora dan fauna. Dari hal itu, menurut Sonang, anak-anak bisa belajar. Akan tetapi ia menyayangkan bahwa antusiasme anak-anak terhadap Perangko tidak dikuti dengan adanya wadah guna menampung minat tersebut.

Ia pun mengharapkan kepada pemerintah khususnya pemprov DKI Jakarta untuk bisa mewadahi ataupun menggelar pameran filateli secara rutin tiap tahunnya. Karena dengan begitu siswa-siswi secara langsung bisa belajar soal sejarah, ekonomi, maupun politik dengan medium yang berbeda yakni perangko.

Adapun selain pameran, Jakarta Stamp Show 2019 ini juga menggelar lomba seperti menata perangko menjadi sebuah cerita (masterchef junior filateli kreatif) yang diikuti oleh beberapa SMP se-Jabodetabek, dan setelah itu para siswa SMP diajak untuk menulis di kartu pos yang ditujukan untuk Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Pameran ini digelar dari 31 Juli hingga 1 Juli 2019 dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.(Ardhi R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *