Syukuran Penyerahan Ijazah Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C di PKBM Himata

Sindang jaya-Kabupaten Tangerang , beritatanahair.com

Riuh rendah suara dari Warga belajar dan Cutor serta tamu undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang di PKBM Himata Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang , sebab ada Kegiatan Syukuran dan Penyerahan Ijazah warga belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himata, angkatan Tahun 2018/2019. Sebanyak 102 warga belajar telah dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah kelulusan program kejar paket A, paket B dan paket C, atau setara dengan pendidikan SD, SMP dan SMA,Minggu (1/9/2019).

Meskipun mayoritas warga belajar berstatus sebagai karyawan, pedagang dan buruh tani yang keseharian bergelut dengan kesibukan bekerja, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk bisa menempuh pendidikan yang lebih baik lagi. Kegiatan proses Belajar mengajar ini terselenggara atas kerjasama PKBM Himata dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Keterangan Gambar : Para Cutor PKBM Himata berfoto bersama Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Sobari, S.IP dan Direktur PKBM Himata,Madsoni, S.Pd.I. (Beritatanahair.com)

Penyerahan Ijazah warga belajar PKBM ini diserahkan secara langsung oleh Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Sobari, S.IP dan Direktur PKBM Himata,Madsoni, S.Pd.I.

Dalam sambutannya Bapak Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan pada Dinas Pendidikan kabupaten Tangerang , menyampaikan agar semua yang hadir terus semangat untuk bersaing, bukan hanya di bidang kekayaan alam saja, tapi juga dapat bersaing dalam dunia pendidikan dan mempunyai kemampuan untuk dapat menguasai perdagangan ekonomi.

Sobari,S.IP mengingatkan pentingnya mendapatkan pendidikan bagi seluruh warga Indonesia di manapun berada. Ia berharap agar semangat meningkatkan pendidikan terus ditingkatkan, karena perjuangan itu ada di dalam diri sendiri, dan kebahagiaan itu tercipta dari diri sendiri, begitu juga keberhasilan dan kesuksesan.
 
Salah seorang dari warga belajar Aji , menyampaikan rasa bahagia dan terharu karena telah berhasil lulus dari program paket B setara SMP. Aji menyadari pentingnya pendidikan untuk mencerdaskan diri sehingga ia akan terus berjuang ke jenjang Paket C, hingga melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ia mengucapkan banyak terima kasih terkhus kepda PKBM Himata serta semua pihak yang telah memberikan kesempatan baginya untuk mengenyam pendidikan yang sempat tertunda karena faktor ekonomi. Ia juga berharap agar bisa terus belajar dan bekerja sehingga menjadi karyawan swasta yang berstatus pendidikan yang setara.

Keterangan Gambar : Penyerahaan Ijazah Paket C kepada salah satu warga belajar yang Lulus oleh Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Sobari, S.IP dan Direktur PKBM Himata,Madsoni, S.Pd.I.(Beritatanahair.com)

Semangat dari Aji bisa diacungkan jempol , semoga bisa menjadi inspirasi semua orang agar mengutamakan pendidikan guna mencerdaskan diri, meskipun berstatus sebagai buruh Karyawan swasta Karena semua orang berhak atas kesempatan yang sama dalam mendapatkan akses pendidikan yang layak, termasuk bagi buruh Karyawan dan lainnya.

PKBM merupakan salah satu solusi bagi siapa saja yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan yang tertunda/terputus ataupun mempunyai kendala usia yang telah lewat dari batas sekolah pada umumnya yang disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk faktor ekonomi.

PKBM adalah lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B dan Paket C. Serta Program Pelatihan dan Pemberdayaan bagi semua warga Indonesia yang berada di Kecamatan sindang jaya Kabupaten Tangerang.

Proses pembelajaran PKBM Himata dimulai setiap hari minggu, dan telah disahkan oleh Kemdikbud RI dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional serta sudah terakreditasi B. Program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi warga Indonesia agar bisa menuntut ilmu dan mendapatkan pendidikan yang layak di manapun mereka berada, serta mendapatkan ijazah guna melamar pekerjaan atau untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Keterangan Gambar : Syukuran Kelulusan dan Penyerahaan Ijazah Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B dan C di PKBM Himata.(beritatanahair.com)

PKBM Himata selain memiliki waktu belajar yang fleksibel juga mempunyai metode pembelajaran yang intensif dan efisien, sehingga pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relative lebih singkat dari pembelajaran formal, dalam meraih ilmu dan pendidikan. Pentingnya pendidikan bagi kemajuan dan kelangsungan hidup yang sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kegiata syukuran kelulusan dan penyerahan Ijazah dimulai dari jam 08.30 hingga jam 12.15 berlangsung dengan tertib dan kekeluargaan, serta di hadiri oleh Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Bapak Sobari, S.IP, Penilik UPT Sindang Jaya Bapak Drs. Latipudin, M.Pd, Senior Himata sekaligus Pendiri PKBM Himata, Tokoh Agama dan Tokoh Masyaakat. Harapan dari kegiatan ini semoga warga masyarakat semakin peduli terhadap pendidikan, dan memanfaatkan secara positif, serta terus semangat meraih cita-cita.(Ronald).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *