Bimtek Pendampingan Percepatan Akreditasi PKBM Kabupaten Tangerang

Kab.Tangerang , Beritatanahair.com

Bimtek Pendampingan Percepatan Akreditasi PKBM di Kabupaten Tangerang terus diupayakan adanya akreditasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah terhadap pendidikan nonformal – Informal tinggi.

Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Tangerang, melakukan kegiatan Bimtek pendampingan percepatan akreditasi PKBM yang diselenggarakan oleh Forum PKBM Kabupaten Tangerang di Sahid Mutiara Curug-Karawaci, yang diikuti oleh Pengelola PKBM sebanyak 35 Pengelola PKBM yang tersebar di wilayah kabupaten tangerang. ungkap Ketua FK-PKBM Kabupaten Tangerang Ade Kuswahyudi Kepada beritatanahair pada Jum’at (20/09).

Ade, mengatakan untuk akreditasi PKBM ditargetkan selesai pada tahun ini 2019 atau minimal tahun 2020 sudah terakradisi semua pkbm, yang ada di kabupaten tangerang, setelah kegiatan Bimtek tersebut kita akan memulai nya, dalam satu bulan atau dua bulan ini dan persyaratan sudah terpenuhi.

Kabupaten tangerang sendiri terhitung ada 5O lebih PKBM, dan yang belum terakreditasi sebanyak 11 PKBM “Karena salah satu syarat untuk bisa terakreditasi adalah memiliki NPSN dan sudah meluluskan dua angkatan atau dua tahun ajaran,” jelasnya.

Ketua DPW Forum PKBM Provinsi Banten H.Sukhebi Mofea, S.H,.MH menambahkan, pendidikan non formal dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan ketika lembaganya sudah terakreditasi seperti layaknya pendidikan formal. Maka saat ini tidak ada perbedaan, jika dahulu pendidikan non formal hanya menjadi pelengkap pendidikan formal saja, tetapi sekarang sudah dapat menjadi pilihan masyarakat. “Jadi lulus SD bisa melanjutkan ke SMP, MTs, atau Paket B, dan lulusan SMP bisa melanjutkan ke SMA, MA, atau Paket C. Akreditasi ini dalam rangka mewujudkan pendidikan Non Formal yang berkualitas dan bermartabat.

Jadi kalau dulu itu pendidikan non formal hanya bagi mereka yang putus sekolah, drop out ataupun anak jalanan saja. Sekarang dapat menjadi pilihan karena terakreditasi setara dengan pendidikan formal,” pungkasnya.

“Kita berharap forum PKBM tersebut menjadi organisasi yang dapat berperan signifikan untuk kemajuan dibidang pendidikan nonformal Umum nya di Provinsi Banten dan khususnya di Kabupaten Tangerang,”Papar H.Sukhebi.

H.Sukhebi berharap Pemerintah dapat mendukung program-program PKBM untuk meningkatkan mutu pengelolaan PKBM, misalnya melalui kebijakan akreditasi,Data Pokok Pendidikan (dapodik), serta Sarana pendukung UNBK.

Kegiatan Bimtek Pendampingan Percepatan Akreditasi yang di selenggarakan Forum PKBM Kabupaten Tangerang, di hadiri oleh, Ketua Forum PKBM Kabupaten Tangerang Ade Kuswahyudi, Ketua DPW Forum PKBM Provinsi Banten H.Sukhebi Mofea, S.H.,M.H, Ketua Dewan Pendidikan Qomaruzaman, M.Ed, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dalam ini di wakilkan Kasie Kesetaraan dan Keaksaraan Sobari,S.IP.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 19-20 September 2019, yang menghadirkan para narasumber yang berkompeten dari masing masing instansi dari BP. PAUD dan DIKMAS Provinsi Banten, BAN PAUD dan PNF Provinsi Banten, Forum Tutor Kabupaten Tangerang.(Rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *