Rohana Kudus Wartawan Perempuan Pertama Indonesia di Nobatkan Sebagai Pahlawan

Jakarta , Beritatanahair.com

Rohana Kudus kadang di tulis Roehana Kudus atau Rohana Kuddus adalah Wartawan Perempuan Indonesia Pertama dan perintis Pers Indonesia. Terlahir dengan nama Sitti Rohana di Kota Gadang , Kecamatan IV Koto , Kabupaten Agam,Provinsi Sumatera Barat.

Tempat Kelahirannya tidak jauh dari bukit tinggi tempat destinasi wisata dunia Jam Gadang yang melegenda , Rohana lahir Tanggal 20 Desember 1884,ia berasal dari keluarga Terpelajar dan Taat beragama.

Ayahnya Muhammad Rasyad Maharaja Sutan ( seorang Jaksa dan juga pendidik) Kakeknya Rohana Seorang Syekh yaitu Syekh Abdurrazzaq juga Qori yang terkenal saat itu karena suaranya yang merdu dan Kefasihannya dalam membaca kitab Sucu Alqur’an.

Rohana Kudus dikenal sebagai wartawati perempuan pertama di Indonesia asal Koto Gadang, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Namanya resmi akan ditetapkan menjadi pahlawan nasional tahun ini, meski sebelumnya telah dua kali gagal saat diusulkan. Rohana Kudus lahir pada 1884 dan meninggal dunia pada 17 Agustus 1972.

“Kami sudah dapatkan surat undangan untuk penganugerahan gelar di Istana Negara, Jumat (8/11/2019). Suratnya sudah disampaikan ke gubernur dan ahli waris,” kata Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumaidi di Padang, Kamis (7/11) dikutip Antara.(Ronald)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *