Warga Belajar Paket C PKBM Himata Selesai Mengikuti UAS

Kab.Tangerang , Beritatanahair.com

Motivasi warga belajar baik fisik dan psikologis untuk mencapai tujuan tanpa memandang batas usia mengikuti pendidikan kesetaraan program paket C di PKBM Himata Desa Sindang Sono Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang sangat tinggi dan penuh semangat.

Warga belajar mengikuti paket C dengan harapan memperoleh ijazah setara SMA/MA sebagai persyaratan pekerjaan, serta pendidikan ke jenjang lebih tinggi ,Faktor internal yang mempengaruhi motivasi warga belajar yaitu kondisi jasmani dan rohani sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan orang tua, dan ekonomi.

Pada Hari Minggu (12/1/2020) ,Warga belajar Paket C (setara SMA) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himata jalani Ujian Akhir Semester (UAS).

Ketua PKBM Himata Sonil memberikan Pengarahan saat pelaksanaan UAS pada Minggu 12 Januari 2020 (Beritatanahair.com)

Ujian ini merupakan syarat wajib yang harus mereka lalui sebelum ikut dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bulan April mendatang.

“Sebenarnya ujian ini sudah kami gelar sejak 3  hari lalu dan berakhir kemarin, Minggu (12/1),” ujar Ketua PKBM Himata Sonil.

Sonil menjelaskan, warga belajar paket C menjalani ujian untuk 12 mata pelajaran untuk program IPS. Di antaranya Pendidikan Agama, PPKN, bahasa Indonesia, seni budaya, matematika, pendidikan jasmani, geografi, sejarah dan ekonomi.Terkait soal ujian, disusun oleh tim dari Forum Tutor yang bekerja sama dengan Forum PKBM Kabupaten Tangerang.

Warga belajar paket C mengerjakannya dalam lembar soal yang sudah di siapkan oleh Panitia UAS PKBM Himata ,menurutnya pelaksanaan ujian oleh 136 warga belajar itu dibagi dalam 6 ruang kelas yang masing-masingnya diawasi oleh 2 pengawas dari tutor PKBM Himata.

Sebelumnya ujian, ada proses pembelajaran yang dilakukan setiap hari minggu sebagaimana terjadwal dimana PKBM Himata aktif melakukannya,” Papar Sonil.

Agar warga belajar siap menjalani ujian, digelar try out selama proses pembelajaran. Materi-materi yang bakal diujikan dikupas oleh masing-masing tutorsesuai mata pelajaran Sonil yakin, dengan persiapan yang mereka lakukan, para warga belajar dapat mengerjakan soal UNBK dengan baik.

Selanjutnya, bulan April mendatang, warga belajar PKBM Himata juga bakal mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). “Ini yang ketiga kalinya bagi PKBM Himata menjalani UNBK dengan berbasis komputer , Kami dijadwalkan ujian di SMK Citra Madani,”Jelasnya.(Ronald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *