Situs Batutulis Bakal Direvitalisasi Menjadi Kawasan Wisata Budaya yang Nyaman dan ‘Friendly’

Bogor , Beritatanahair.com

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengungkapkan pihaknya akan merevitalisasi dan menata ulang keberadaan situs Batutulis beserta situs ‘gugunungan’ batu Purwakalih, situs Sumur Tujuh, Petilasan warisan Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran yang berlokasi di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.


“Kawasan Batutulis ini nantinya akan menjadi sebuah Kawasan Wisata Budaya yang Nyaman, Bersahabat, Bermartabat buat pengunjung atau wisatawan domestik maupun mancanegara, ” kata Walikota Bogor ketika melakukan peninjauan situs-situs bersejarah warisan Kerajaan Pakuan Pajajaran di masa Pemerintahan Prabu Surawisesa, putra Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi di abad ke-16 silam. Pada peninjauan kemarin Walikota didampingi oleh Kepala Disparbud Kota Bogor, Humas Pemkot, Camat Bogor Selatan, dan Lurah Batutulis.

Keterangan Gambar : Tampak Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau lokasi Batu Tulis didampingi oleh Kepala Disparbud Kota Bogor, Humas Pemkot, Camat Bogor Selatan, dan Lurah Batutulis untuk dijadikan situs wisata.(Foto: Didin Machfudz/Beritatanahair.com)


Selanjutnya untuk mewujudkan niat mulia tersebut, Walikota Bima Arya akan mengundang para ‘Inohong’ Kasundaan, antara lain kalangan Akademisi termasuk Dirjen Kebudayaan Kemendiknas Hilmar Farid, Arkeolog dan Sejarawan, Budayawan termasuk Budayawan ‘kahot’ Ajip Rosidi, Sesepuh Sunda Agum Gumelar, Penulis Filsafat Hidup Sunda atau Petatah-petitih Sunda atau Nilai-nilai Kasundaan yang Humanis dan Universal, Pegiat Seni Sunda, Pengrajin Pusaka dan Senjata Sunda, serta Pendekar Silat Cimande dan Pengobatan tulang ala Cimande serta obat-obatan Herba ala Sunda.


Di kalangan Ahli Geografi International, Kepulauan Nusantara ini masih disebut sebagai Kepulauan Sunda Besar (The Greatest Sunda) yang meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Kepulauan Sunda Kecil yang meliputi pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Timor. **
(Dindin Machfudz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *