COVID-19 DAMPAKNYA GUGATAN CERAI 800 PASUTRI TERTUNDA DI PENGADILAN AGAMA TIGARAKSA

Tigaraksa , Beritatanahair.com

Dampak selama virus Corona (Covid-19) masih mewabah, sejumlah pelayanan publik di Kabupaten Tangerang masih di batasi tak terkecuali gedung KUA atau kantor sidang perceraian di Pengadilan Agama Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Institusi tersebut menunda seluruh persidangan per tanggal 1 April 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Dampaknya, sekitar kurang lebih 800 gugatan perceraian pun tertunda putusannya. 

Seperti diungkapkan oleh Humas Pengadilan Agama Tigaraksa, Aspas mengatakan, berdasarkan data yang ada, pihaknya sudah ada kurang lebih sebanyak 800 pasangan suami-istri yang mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Tigarakasa.
Dengan ditundanya seluruh persidangan tersebut, ratusan pasangan suami-istri belum bisa disidangkan hingga saat ini,”ujarnya.
 
“Ratusan pasangan suami istri yang mengajukan cerai, belum bisa diputuskan karena seluruh persidangan ditunda sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan,” katanya kepada Beritatanahair.com (3/04/2020).

Sodikin selaku Kepala Pengadilan Agama Tigaraksa ketika dikonfirmasi terkait hal itu menjelaskan.
“Kami memang sengaja mengambil kebijakan dan keputusan menunda sementara persidangan dikarena adanya peraturan pembatasan sosial berskala besar (Social Distancing) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat guna pencegahan penyebaran dan meminimalisir resiko penularan virus Corona atau Covid-19. 

Untuk karena itu, pihaknya memutuskan untuk menutup sementara pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan juga menunda seluruh persidangan,”papar sodikin.

“Penutupan sementara PTSP dan persidangan ini dimulai sejak Rabu kemarin (1/04/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan,”ujar Sodikin 

Akan tetapi menurut Sodikin, penutupan layanan PTSP dan persidangan tersebut bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini 

“Dan yang perlu dicatat, bahwa kebijakan ini (penutupan) bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi,”ujarnya mengakhiri.(nean)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *