Kereta mungkin milik Kim Jong Un terlihat di kota resor Korea Utara

Korea utara , Beritatanahair.com

Laporan dari kelompok pemantau yang berbasis di AS datang di tengah spekulasi tentang kesehatan pemimpin Korea Utara itu.

Sebuah kereta yang kemungkinan milik pemimpin Korea Utara telah terlihat di sebuah kota peristirahatan di timur negara itu, citra satelit menunjukkan, di tengah laporan yang bertentangan tentang kesehatan dan keberadaan Kim Jong Un.

Dalam sebuah laporan pada hari Sabtu, 38 kelompok pemantauan Utara mengatakan kereta itu diparkir di “stasiun kepemimpinan” di Wonsan pada 21 April dan 23 April. Stasiun itu dicadangkan untuk penggunaan keluarga Kim, menurut Washington, yang berbasis di Washington.

Sebuah kereta khusus yang mungkin milik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat dalam gambar satelit yang diambil alih Wonsan, Korea Utara pada 23 April 2020 [File: Planet Labs-38 North / Handout via Reuters]

“Kehadiran kereta tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya, tetapi itu memberikan bobot pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu,” katanya.

Spekulasi tentang kesehatan Kim pertama kali muncul karena ketidakhadirannya sejak ulang tahun kelahiran ayah pendiri Korea Utara dan kakek Kim, Kim Il Sung, pada 15 April.

Media pemerintah Korea Utara terakhir kali melaporkan keberadaan Kim ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April 2020 lalu.

China telah mengirim tim ke Korea Utara termasuk para ahli medis untuk memberi nasihat tentang Kim, lapor kantor berita Reuters, mengutip tiga orang yang mengetahui situasi tersebut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengambil bagian dalam pertemuan Biro Politik Komite Sentral Partai Buruh Korea dalam gambar ini yang dirilis pada 11 April 2020 [File: KCNA via Reuters]

Seorang pemimpin turun temurun generasi ketiga yang berkuasa setelah kematian ayahnya pada 2011, Kim tidak memiliki penerus yang jelas di negara bersenjata nuklir, yang dapat menghadirkan risiko internasional yang signifikan.(Aljazeera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *