DIREKSI PT KCI JANGAN BUAT ATURAN ASAL JADI, MERUGIKAN PENUMPANG KRL KHUSUSNYA BAGI USIA 60 TAHUN KE ATAS

Jakarta , Beritatanahair.com

Aneh bin ajaib, jika penumpang usia 60 ke atas (Lansia) DILARANG NAIK KRL COMMUTERLINE SEBELUM PK. 10.00 PAGI. Apa dasar aturan yang dibuat PT KCI? Ingat, dalam membuat kebijakan publik HARUS ADA latar belakangnya yang sahih seperti hasil survei atau merujuk peraturan di atasnya.

Kami lihat SK Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dan Protokol kesehatan bagi pengoperasian angkutan perkeretaapian diatur dalam Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020. Kemudian turunannya termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor 14 Tahun 2020.

Ternyata dalam SK Menkes maupun SE Gugus Tugas, Permenhub No 41/2020 dan SE Dirjen Perkeretaapian No 14/2020, tidak ada tercantum LARANGAN NAIK KRL BAGI USIA 60 TAHUN KE ATAS.

Karena itu, kami menyimpulan peraturan internal yang dibuat Direksi PT KCI perihal larangan naik KRL sebelum Pk. 10.00 pagi bagi Penumpang Lansia, merupakan aturan yang dibuat ASAL JADI TANPA LANDASAN HUKUM YANG SAHIH.

BERBEDA HALNYA JIKA ATURAN INTERNAL PT KCI ITU BERSIFAT IMBAUAN SAJA, BUKAN LARANGAN yang seperti kami alami di Stasiun Bekasi pada Kamis 25 Juni 2020.

Untuk itu, Kami meminta Peraturan Internal PT KCI tersebut segera diubah menjadi IMBAUAN, bukan larangan. Karena berpotensi menimbulkan keresahan di kalangan penumpang Lansia yang selama ini merasa sehat, bahkan memiliki SURAT TUGAS dan SURAT KETERANGAN NON REAKTIF DARI RAPID TEST. Namun tetap dilarang masuk PERON dengan alasan petugas menunggu pk 10.00 pagi.

Kami ingatkan Direksi PT KCI jangan membuat aturan internal yang melampaui SK Menkes dan SE Gugus Tugas Covid-19, kecuali hanya bersifat IMBAUAN saja.

MOHON PERHATIAN MENTERI PERHUBUNGAN DAN DIRJEN PERKERETAAPIAN KEMENHUB, AGAR SEGERA MENGANULIR ATURAN INTERNAL PT KCI TERSEBUT.
TERIMA KASIH

Firdaus (Penumpang KRL Umur diatas 60 Tahun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *