HAK LANSIA “DIKEBIRI” PT KCI

BERITATANAHAIR.COM

Melihat pengumuman PT KCI, pengelola KRL CommuterLine, di beberapa stasiun di Jabodetabek masih bernada Larangan Naik terhadap penumpang Lansia (usia 60 th ke atas). Ini akan meresahkan dan menimbulkan debat kusir antara petugas di lapangan dengan para Lansia yang saat ini dalam kondisi Sehat alias tidak sakit.

Pasalnya, pengumuman itu masih melarang Lansia naik KRL sebelum Pk. 10.00 setiap hari termasuk Sabtu/Minggu. Gila nih aturan KCI melarang seperti ini. Padahal sebelumnya kami belum pernah melihat hasil survei yang menyatakan ada sekian persen Lansia tertular Covid-19 setelah naik KRL. Mana datanya?

Tidak hanya itu. Kami lihat SK Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dan Protokol kesehatan bagi pengoperasian angkutan perkeretaapian diatur dalam Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020. Kemudian turunannya termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor 14 Tahun 2020.

Ternyata dalam SK Menkes maupun SE Gugus Tugas, Permenhub No 41/2020 dan SE Dirjen Perkeretaapian No 14/2020, tidak ada tercantum LARANGAN NAIK KRL BAGI USIA 60 TAHUN KE ATAS.

Untuk itu, kami meminta Direksi PT KCI segera mengubah aturan larangan tersebut menjadi IMBAUAN. Dan semua papan pengumuman di semua stasiun di Jabodetabek diperbaiki bahasanya menjadi “Imbauan bagi Lansia Naik KRL CommuterLine”

Ini untuk memberikan Kepastian dan Jaminan Hak Lansia dapat naik KRL CommuterLine sama halnya dengan penumpang lainnya, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan: Pakai Masker, Selalu Cuci Tangan dan Menjaga Jarak Fisik (physical distancing) selama dalam perjalanan di dalam KRL maupun di dalam stasiun.

PENULIS : Drs.Firdaus Baderi Alumnus FISIP UNIVERSITAS INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *