DPUPR Kota Depok Terima Masukan Warga Terkait Program Pembangunan Depok Melalui Focus Group Discussion (FGD)

Depok , Beritatanahair.com

Seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok siap terbuka dan menerima masukan maupun saran terkait program pembangunan Kota Depok untuk masa mendatang terlebih upaya memperbaiki maupun menata ulang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Sekarang ini pihaknya tengah menjaring aspirasi melalui Focus Group Discussion (FGD) tahun lalu, kini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) masuk tahapan baru, yaitu penyampaian draft,” kata Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi didampingi Kepala Bidang Tata Ruang dan Jasa Konstruksi DPUPR Kota Depok, “Putri  Mirmasari, Sabtu (8/8/2020).

Pihaknya tengah menggelar kegiatan konsultasi publik Raperda Revisi RTRW jika tahun lalu masih dalam bentuk FGD dan menyusun materi teknis Perda Tata Ruang, sekarang kita sudah punya draft Raperda.

Menurut dia, untuk materi teknis  analisa sudah rampung dan saat ini tahapannya masuk ke aturan perundang-undangan. Setelah penyampaian draft, sambung Putri, pihaknya akan menyediakan ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan.

“Misalnya ada rancangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di suatu wilayah, ternyata sekarang berubah fungsi jadi perumahan, itu bisa kita kaji lagi karena proses masih terus berlanjut. Nah, pertimbangan ini yang akan kita bawa ke dewan untuk mendapatkan solusi,” ucapnya.

Hasil kegiatan ini tersebut akan dibuat berita acara dan diserahkan ke Gubernur Jawa Barat (Jabar) serta lintas sektor dan bulan September 2020 masuk dalam tahapan Program Legislasi Daerah (Prolegda) dewan.

Setelah itu persetujuan substansi gubernur, Lintas Sektor Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan berakhir di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk dapat Perdanya. Kalau sudah keluar Perda, itu bisa untuk dasar perizinan,”terangnya. (POSKOTA.CO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *