Ikatan Pendidikan Al-Quran (IPQ) BANTEN DIMINTA KAMPANYEKAN AL-QURAN

Serang , Beritatanahair.com

Ikatan Pendidikan Al-Quran (IPQ) diminta menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan Al-quran. Apalagi, berdasarkan hasil survei LPTQ Banten tahun 2017 lalu, angka melek Al-quran di Banten cukup memprihatinkan yakni hanya 12,4 persen. Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Ahmad Bazari Syam pada acara pelantikan pengurus Ikatan Pendidikan Al-quran (IPQ) tingkat Provinsi Banten masa bakti 2020-2025 di Kanwil Kemenag Banten Kamis, (27/8/20).

Menurut Bazari, dengan adanya fenomena angka melek Al-quran di Banten hanya 12,4 persen. IPQ sangat berperan dalam mendidik anak-anak usia dini dalam pembelajaran Al-quran. Sehingga IPQ diharapkan tidak hanya mendidik peserta didik membaca dan menulis Al-quran, namun juga harus bisa menjadikan anak-anak didik mampu memahami dan mengamalkan Al-quran dalam kehidupannya sehari-hari.

Dijelaskan Bazari IPQ juga dituntut harus mampu mengemas pembelajaran Al-quran agar disenangi anak-anak muslim. Tanpa menghilangkan kaidah-kaidah nilai Islam dan Al-quran. Selain itu, IPQ harus bisa menanamkan ruh ikhlas dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anak didik. Karena jika guru mengajar dengan ikhlas dan sabra, maka bisa menularkan keikhlasan itu kepada orang lain.

Sementara itu, Ketua IPQ Provinsi Banten : Muhammad Supi menambahkan, IPQ akan selalu bermitra dan bersinergi dengan Kanwil Kemenag Banten dan kemenag kabupaten/kota. Selain itu IPQ juga akan melanjutkan program -progam IPQ yang sudah berjalan. Dengan sesuai visinya yaitu menyiapkan generasi qur’ani yang berahlakul karimah.(bta_003)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *