Bawaslu RI : Fokus Awasi Dana Kampanye dan besaran jumlah dana kampanye di Pilkada Serentak 2020

Jakarta , Beritatanahair.com

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo menegaskan tugas dan fungsi pengawasan dana kampanye terfokus pada dua hal yakni sumber dan besarannya. Ketaatan pasangan calon kepala daerah dalam membuat pelaporan dana tersebut sangat penting karena mempertaruhkan transparansi dan akuntabilitas.

“Pengawasan dana kampanye akan difokuskan pada dua hal yaitu sumber dana kampanye dan besaran jumlah dana kampanye sesuai ketentuan undang-undang,” katanya kepada Media Indonesia, Sabtu (12/9).

Menurut dia, Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap ketaatan prosedur administratif peserta pemilihan terhadap waktu pelaporan. Itu mulai dana awal kampanye penerimaan dan pengeluaran dana kampanye hingga laporan akhir dana kampanye. Terkait kebenaran laporan dana kampanye sebagaimana yang selama ini Bawaslu lakukan adalah mengawasi aktivitas kampanye pasangan calon dan memastikan kebenaran pelaporan dana kampanye berdasarkan fakta di lapangan dan aktivitas kampanye. “Bawaslu akan menyampaikan ke KPU jika ditemukan adanya indikasi ketidakbenaran laporan kampanye,” pungkasnya. (MIDC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *