Lagi sholat Sunnah, tiba-tiba ada yang nepuk punggung dari belakang ??

ustadz adi hidayat

Pernah gak, pas lagi sholat Sunnah, tiba-tiba ada yang nepuk punggung dari belakang ‘konfirmasi’ menjadi makmum? Kadang kan bingung ya, kita kudu ngapain. Lambaikan tangan, geser posisi sampe ngode pake tangan.

Keadaan seperti ini pernah dialami langsung oleh Rasulullah ﷺ yang bisa menjadi pelajaran untuk kaum muslimin, yaitu ketika Rasulullah ﷺ sedang melakukan sholat sunnah (Sholat malam) di rumah beliau, kemudian datanglah sepupu beliau yaitu Ibnu Abbas rhadiyallahu anhu untuk menjadi makmum, sebagaimana dalam hadits yang dikabarkan oleh ibnu Abbas :

ثم قام يصلي فجئت فقمت إلى جنبه فقمت عن يساره, قال فأخذني فأقامني عن يمينه

“Kemudian beliau melakukan shalat, dan saya pun ikut shalat bersama beliau dengan berdiri di sebelah kirinya, Namun beliau memegang dan memindahkanku ke sebelah kananya” (HR. Muslim : 1279).

Sehingga dalam hal ini dibolehkan bagi siapa yang datang untuk bermakmum kepada seseorang yang sedang melaksanakan sholat secara sendiri, dan yang sedang sholat pun boleh memposisikan dirinya sebagai imam.

Namun, tentunya dalam hadits tersebut, Rasulullah ﷺ dan Ibnu Abbas melakukan sholat yang sama jenisnya, yaitu sama-sama sholat sunnah, sehingga bagaimana jika seseorang sedang melakukan sholat sunnah tiba-tiba datang orang lain yang ingin bermakmum di belakngnya padahal ia akan melakukan sholat fardhu ?

Dalam hal ini sah, menurut Imam Syafi’i. Yang sholat sunah sah, yang masbuk niatnya sholat wajib juga sah. Sedangkan menurut imam Hanafi, Hambali dan Maliki tidak karena di mazhab mereka tidak diajarkan tepuk menepuk pundak orang ketika sholat. Kalau di mazhab Imam Syafi’i ada diajarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *