AI Ratna SN terpilih jadi Ketua SMSI kab Tangerang

Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Ketua dan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2023 resmi dilantik. Pelantikan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Pengukuhan dan diskusi dihadiri Ketua SMSI Provinsi Banten, Edi Junaidi, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tangerang, Tini Wartini, dan Direktur Utama (Dirut) Perumdam (Perusahaan Umum Daerah Air Minum) TKR Kabupaten Tangerang, Sofiyan Safar, dan seluruh anggota SMSI Kabupaten Tangerang.

Ai Ratna Sri Ningsih yang kini resmi menjabat jadi Ketua SMSI Kabupaten Tangerang, dalam kata sambutannya mengatakan, banyak terima kasih kepada semua anggota yang telah mempercayai dirinya menjadi Ketua.

“Alhamdulillah saya dipercayai oleh teman-teman menjadi Ketua SMSI Kabupaten Tangerang. Semoga dengan terpilihnya saya sebagai Ketua dapat memberikan dampak positif bagi kita semua,” kata Ai Ratna, di Aula PWl Kabupaten Tangerang, Jalan perintis kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang, Sabtu (19/9/2020).

Ai Ratna juga mengajak kepada seluruh pengurus SMSI untuk menangkal dan mencegah berita yang mengandung Hoax.

“Mari bersama-sama kita perangi berita bohong, melalui para pemilik media siber yang tergabung di SMSI kita percaya bahwa media kita bisa besar dan bisa menangkal berita-berita hoax,” tutur Ai Ratna.

Apresiasi dan ucapan selamat juga disampaikan oleh Ketua SMSI Provinsi Banten, Edi Junaidi. Ia mengatakan, SMSI di Provinsi Banten kini ada dua perempuan jadi Ketua. Diantaranya Ketua SMSI Kota Tangerang, Ayu Kartini dan saat ini yang baru saja dilantik Ketua SMSI Kabupaten Tangerang, Ai Ratna. Selamat dan sukses, ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Menurutnya, dalam mengelola media siber bukan sekedar menaiki berita, kedepankan kode etik jurnalistik dan juga para pemilik media siber harus pandai mengelola websitenya. Salah satunya melalui google analitik. Melalui itu kita bisa memantau pembaca media siber kita agar bisa mengkoreksi dan untuk mendongkrak pendapatan juga.

Tak hanya itu, lanjut Edi Junaidi, dalam hal membuat berita wartawan tidak boleh mengadili seseorang.

“Membuat suatu artikel berita itu, wartawan tidak boleh menjadi jaksa dan membenci bahwa seseorang itu berbuat salah. Wartawan harus siap menerima koreksi,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Sofiyan Safar mengatakan, saat ini revolusi media cetak ke media siber memang kita akui sangat berkembang pesat. Apalagi dengan adanya instagram, facebook, dan twitter, informasi bisa dengan cepat menyebar.

Kita perlu antisipasi berita yang belum jelas kebenarannya. Oleh karena itu kita juga sudah menyiapkan tim siber untuk mengantisipasi berita-berita yang belum benar kejadiannya. Profile kita adalah pelayanan publik yang sangat rentan untuk di rilis terkait berita hoax karena dampaknya sangat luar biasa, kita ingin satu persepsi.

Dalam hal kerjasama antar media online dengan perumdam sendiri memang kita belum mengantongi nilai standar untuk pembayaran dalam daftar rekanan terseleksi.
Kendati demikian, semoga di kesempatan diskusi yang baik ini kita jadikan pembahasan kerjasama tersebut secara rinci. Tak lupa, sukses untuk Ai Ratna yang telah sah menjadi Ketua SMSI Kabupaten Tangerang.
Hal senada juga disampaikan Tini Wartini, semoga SMSI dan Diskominfo bisa terus bersinergi dalam hal memberikan informasi yang benar. Ia juga mengklarifikasi tentang informasi yang mengatakan, bahwa Kabupaten Tangerang adalah zona hitam. Itu tidak benar, saat ini Kabupaten Tangerang terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dampak covid-19 dan informasi tersebut bisa di akses melalui website resmi Pemkab Tangerang tentang percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Tangerang khususnya.

Tak lupa, ucapan juga turut mengalir dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang tersebut.
“Selamat dan sukses atas pengukuhan Ketua dan pengurus SMSI Kabupaten Tangerang. Semoga SMSI dan Diskominfo bisa terus memerangi berita-berita bohong,” tutup Tini Wartini.

(nean)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *