MAN 2 Kota Malang, Madrasah Peraih Medali Terbanyak KSN Kemendikbud Tahun 2020

Malang , Beritatanahair.com

Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar Kemendibud telah berakhir. Ajang kompetisi siswa SMA/MA seluruh Indonesia ini berlangsung secara daring dari 12-16 Oktober 2020.

Para juara sudah diumumkan dan Tim MAN 2 Kota Malang berhasil membawa pulang 11 medali. “Secara keseluruhan MAN 2 Kota Malang mendapatkan 11 medali yang merupakan perolehan medali terbanyak, baik antar sekolah maupun antar madrasah secara nasional,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah di Malang, Minggu (18/10).

“11 medali ini terdiri atas satu emas, lima perak, dan lima perunggu,” sambungnya.

KSN 2020 adalah yang kali pertama digelar secara daring. Ajang ini diikuti siswa-siswi terbaik yang terjaring secara berjenjang sejak seleksi tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Dari seluruh peserta KSN tingkat provinsi se-Indonesia, dijaring 100 siswa terbaik untuk masing-masing bidang studi dan berhak mengikuti KSN tingkat Nasional.

Ada sembilan bidang studi yang dilombakan, yaitu: Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Astronomi, Informatika, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi. Total ada 30 medali yang diperebutkan pada masing-masing bidang, terdiri atas 5 emas,10 perak, dan 15 perunggu. Para pemenang KSN tingkat nasional ini akan mendapat kesempatan mengikuti pelatnas dan mewakili Indonesia di Olimpiade Sains Internasional.

“Siswa MAN 2 Kota Malang yang berhasil mewakili Provinsi Jawa Timur ke KSN tingkat Nasional sebanyak 15 siswa,” tutur Binti Maqsudah.

“Ini dilakukan dengan kerja keras dan melalui proses panjang yang secara istiqamah bisa dilaksanakan dengan baik. Juga tidak lepas dari dukungan, kepedulian, dan kontribusi seluruh elemen civitas akademika MAN 2 Kota Malang,” lanjutnya.

Berikut ini peraih medali KSN 2020 dari MAN 2 Kota Malang:

Medali Emas
1. Habibah Azmiyatus (Kimia), 

Medali Perak
1. M. Haris Wirananda (Biologi),
2. M. ‘Anin Nabail Azhiim (Fisika),
3. Fitra HasanataIsa (Geografi),
4. M. Aushaf Fadhilah (Informatika),
5. Hilman Agung Saputra (Kebumian), dan

Medali Perunggu 
1. Ahmad Zaky Mubaarok Mauludi (Geografi),
2. Syauqie Alifian Wandhara (Kimia),
3. Rani Saraswati (Kebumian),
4. M. Ismu Daud (Biologi), dan
5. Belia Nurmaulida A.P (Astronomi).

Secara keseluruhan, ada sembilan madrasah yang mendapat medali pada KSN 2020. Kesembilan madrasah tersebut adalah MAN 2 Kota Malang (1 emas, 5 perak, 5 perunggu), MAN 2 Kota Pekanbaru (1 emas, 2 perak, 1 perunggu)MAN IC OKI (1 emas), MAN IC Gorontalo (2 perak, 2 perunggu), MAN IC Serpong (2 perak, 1 perunggu), MAN IC Jambi (2 perunggu), MAN IC Lampung Timur (1 perunggu), MAN IC Padang (1 perunggu), dan MAN Kota Palangkaraya (1 perunggu). Total ada 28 medali, terdiri dari 3 emas, 11 perak, dan 14 perunggu. (M2KM,2020)

(Ditjen Pendis/Kontri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *