Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak secara resmi ditetapkan sebagai salah satu nama jalan di Kota Bogor

Bogor , Beritatanahair.com

Nama KH. Tubagus Muhammad Falak secara resmi ditetapkan sebagai salah satu nama jalan di Kota Bogor, berdasarkan SK. Wali Kota Bogor No.620.45-763 Tahun 2020 tentang Penggantian Nama Jalan Darul Quran Loji menjadi Jalan KH. Tb. M. Falak (Kyai Haji Tubagus Muhammad Falak).

Tepatnya berada di ruas jalan yang menghubungkan Jalan Dr. Semeru di Cilendek dengan Jalan Mayjen.Ishak Djuarsa dan Letjend. Ibrahim Adjie di Gunung Batu.

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor, Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor. Kamis (22/10/2020).

KH. Tubagus Muhammad Falak adalah salah satu ulama besar Indonesia yang dikenal berbagai macam perannya di masyarakat. Seorang pemuka agama Islam yang dikenal tokoh rohani dalam pergerakan sufi di Indonesia.

Kyai pendiri dan pemimpin Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Kota Bogor ini juga dikenal sebagai aktivis dan tokoh spiritual dalam pergerakan menentang penjajahan di Nusantara.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, KH. Tubagus Muhammad Falak bukan sekedar kyai, tetapi juga seorang nasionalis. Teman diskusinya Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

“Ini yang langka. Banyak yang nasionalis tapi tidak islam, banyak yang sangat religius tapi mungkin tidak nasionalis. Di KH Tubagus Muhammad Falak, keduanya bergabung menjadi satu,” katanya.

Sementara itu, Putra KH. Tubagus Muhammad Falak, KH. Tubagus Agus Faturohman sedikit menceritakan perjuangan merintis pondok pesantren di Pagentongan, Kota Bogor.

Menurutnya, sudah menjadi kodrat KH. Tubagus Muhammad Falak lahir dari orang-orang yang memahami perjuangan dan semangat mempertahankan tanah leluhur dari para penjajahan siapapun.

“Tahun 1907, bertepatan dengan lahirnya organisasi-organisasi Islam seperti SDI dan Syarikat Islam. Beliau aktif di Syarikat Dagang Islam sebagai seksi kerohanian dan kemudian berkenalan dengan HOS Cokroaminoto, KH. Ahmad Dahlan dan tokoh lainnya,” kata KH. Tubagus Agus Faturohman.

Pondok Pesantren Al Falak Pagentongan Bogor dirintis KH. Tubagus Muhammad Falak sejak tahun 1878. Awalnya berdinding papan kayu dan berlantai dua. KH. Tubagus Muhammad Falak lahir di Sabi, Pandeglang, Banten tahun 1842. Ia merupakan putra KH. Tubagus Abbas, keturunan dari Keluarga Kesultanan Banten, silsilah dari Syaikh Syarif Hidayatullah dan Ratu Quraisyn yang juga masih keturunan Kesultanan Banten.

Selama hidupnya, KH. Tubagus Muhammad Falak dikenal sebagai kyai kharismatik yang berasal dari kalangan pesantren. Senantiasa meneladani perjalanan hidup para ulama yang bersumber pada jejak Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

(indra Siregar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *