Warga Kampung Seglog Desa Sukamanah adakan Acara Haul Buyut Sajim

Rajeg – Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Warga desa sukamanah tahun ini menggelar acara haul buyut sajim ,haul ini merupakan warisan budaya leluhur sejak ratusan tahun lalu.

Haul buyut sajim yang dimaksudkan sebagai sarana untuk meminta keselamatan atas kehidupan warga dan penghormatan atas leluhur kita,itu berlangsung di kp seglog Desa Sukamanah kecamatan Rajeg kabupaten Tangerang minggu 25 /10/2020.
Haul buyut sajim baru dilaksanakan tahun ini karna banyak peziarah yang ingin melakukan doa bersama di makam buyut sajim.
Hasil musyawarah panitia pelaksana dengan warga dan aparat desa sukamanah maka ditetapkan lah pada hari ini minggu 25/10/2020 diadakan haul pertama.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh kepala Desa Sukamanah Rohadi Kamaludin,ketua pelaksana H Barmawi dan H acid serta tokoh masyarakat dan tokoh agama dari beberapa desa se kecamatan Rajeg.

Kepala Desa sukamanah Rohadi Kamaludun saat di sambangi awak media beritatanahair dilokasi acara haul mengatakan, upacara ritual itu merupakan rasa hormat terhadap leluhur desa, yaitu Buyut sajim ,makam tersebut sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

tahun ini pertama kali kami menggelar acara haul buyut sajim dengan tujuan untuk berdoa supaya desa kami terhindar dari mala petaka dan warga diberikan kesehatan . Kegiatan tersebut berlangsung pada minggu 25/10/2020.

Menurut Rohadi kades Sukamanah, acara haul ini perlu dilestarikan karena merupakan budaya masyarakat yang telah ada semenjak zaman Belanda.

Kegiatan tersebut untuk mengingatkan terhadap leluhur serta berdoa supaya terhindar dari bencana apalagi sekarang ini negara kita sedang dilanda covid 19.

H Barmawi ketua panitia, menjelaskan bahwa pada tahun ini kita pertama kali mengadakan acara haul buyut sajim, Selain untuk menghormati leluhur, juga berdoa supaya desanya terhindar dari bencana.dan masyarakatnya diberikan kesejahteraan apalagi sekarang sedang dalam keadaan pandemi covid 19.mudah mudahan wabah corona segera pergi dari negara kita ini dan mudah mudahan pada tahun berikutnya acara haul buyut sajim ini akan lebih baik lagi,”Papar H barmawi.

(upi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *