Sejumlah 111 Balita Stunting di Desa Sukamanah Kecamatan Rajeg ,BKKBN Provinsi Banten-DPPKB Kab Tangerang Sosialisasi 1000 HPK

Rajeg – Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Sosialisasi tersebut dalam upaya menekan angka stunting pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) di Kabupaten Tangerang , Jhon Bahtiar perwakilan BKKBN Provinsi Banten turut menghadiri acara memberi sambutan , Jhon Bahtiar perwakilan BKKBN Provinsi Banten mengatakan Kabupaten Tangerang termasuk kabupaten yang jadi sasaran sosialisasi stunting ,termasuk Desa Sukamanah Kecamatan Rajeg .

“Hal tersebut menunjukkan geografis yang bagus tidak menjamin tidak ada stunting,” ucap perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten, Jhon Bahtiar kepada beritatanahair.com Selasa (10/11/2020).

Jhon Bahtiar menambahkan pemahaman pola asuh dari masyarakat menjadi faktor utama dalam mencegah stunting. Secara nasional angka stunting memang mengalami penurunan termasuk di Provinsi Banten.

Jhon Bahtiar menyampaikan stunting berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Hal tersebut terjadi karena faktor pola pengasuhan selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang penting.

“Umur anak dari nol hingga dua tahun adalah saat penting untuk di persiapkan dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakannya 1000 HPK merupakan periode emas. Sehingga sejak sebelum hamil sudah harus di persiapkan sejak awal. Pasalnya jika tidak di persiapkan maka akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Kepala Desa Sukamanah Rohadi Kamaludin yang suka berfoto bawa tongkat komando desa ini mengungkapkan jika stunting di Desa Sukamanah tidak diatasi maka akan berdampak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kedepan. Sehingga kehadiran BKKBN dalam mencegah stunting berdampak dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

“Pencegahan stunting juga menjadi salah satu program BKKBN,” tambah Kepala Desa Sukamanah Rohadi Kamaludin serta berharap pelaksanaan sosialisasi pentingnya 1000 HPK tersebut bisa berdampak baik bagi masyarakat.

“Jumlah anak stunting di Desa Sukamanah 111 anak, hal itu menjadi momok bagi pemerintah Desa Sukamanah ,” ucap Kepala Desa Sukamanah kecamatan Rajeg Rohadi Kamaluddin.

Neneng Nurhasanah kader PKK Desa Sukamanah kecamatan Rajeg menambahkan pelaksanaan sosialisasi tersebut bisa berdampak hingga menghilangkan angka stunting di Desa Sukamanah yang tergolong tinggi terangnya kepada beritatanahair.com pada Rabu (11/112020).

“Karena dengan sosialisasi pentingnya pola pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat ,Harapan kita semua bisa setelah kegiatan ini kita bisa menghilangkan angka Stunting di Desa Sukamanah Kecamatan Rajeg, ” ucap perwakilan dari DPPKB kabupaten Tangerang Kokom.

(H.UPI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *