Baznas Kab Tangerang :Meluncurkan Kembali Program Bedah Rumah Untuk Warga Kab Tangerang

Citraraya – Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Warga Kabupaten Tangerang berkesempatan mendapatkan bantuan biaya perbaikan rumah tidak layak huni dari Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Kabupaten Tangerang. Ketua BAZNAS Kabupaten Tangerang Drs .H. Achmad Nawawi,M.SI mengatakan Kepada Beritatanahair.com melanjutkan kembali Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni pada akhir tahun 2020. Program tersebut merupakan program lanjutan yang sudah dijalankan oleh kepengurusan sebelumnya BAZNAS Kabupaten Tangerang era Kepemimpinan KH.Afifi akan dilanjutkan kembali, kepada 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

“Kita akan lanjutkan Program bedah rumah untuk 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, syarat utamanya tanah pertapakan rumah harus milik sendiri dan bukan pinjaman tempat dari si Mustahik penerima bantuan dari Baznas Kabupaten Tangerang”,Terang Ahmad Nawawi Kepada Beritatanahair.com pada Senin Sore hari (16/11/2020).

Peluang dana bantuan perbaikan rumah terbuka bagi semua masyarakat Kabupaten Tangerang dengan syarat berasal dari keluarga tak mampu dan memiliki rumah yang tidak layak huni. “Nantinya Pengembalian bantuan satu rumah pada satu kecamatan akan dianggarkan sebesar 20 Juta Rupiah ,” tambah Achmad Nawawi.

BAZNAS juga memberikan tenggang waktu hingga tanggal 27 November 2020 untuk pengajuan proposal sesuai dengan form terlampir.

Adapun ketentuan berkas bantuan program bedah rumah tidak layak huni adalah: 

1. Surat permohonan diketahui pihak setempat minimal RT.

2. Fotocopy KTP.

3. Fotocopy KK.

4. SKTM Asli.

5. Foto rumah tampak belakang, depan, samping dan dalam.

6. Surat rumah dan tanah minimal surat pemberitahuan pajak terutang.

7. Surat keterangan tanah tidak sengketa dari Kelurahan.

8. Rencana anggaran belanja.

“Nantinya kelengkapan berkas tersebut akan menjadi penilaian bagi Tim BAZNAS untuk menjalankan program Bedah Rumah tersebut,” tambah Ketua Baznas Kabupaten Tangerang itu.

Sementara itu, Wakil Ketua 2 Baznas Kabupaten Tangerang H Anwar Ardadil menambahkan diharapkan program bedah rumah ini akan di luncurkan langsung Oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar,B.Bus.

“Pada saat audensi kami telah meminta kesediaan Bupati Tangerang me-launching bedah rumah pada saat audensi kemarin,” kata H Anwar Ardadil yang juga menjabat bagian pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS Kabupaten Tangerang.

Ia lanjutkan, Bedah rumah tersebut 1 rumah 1 kecamatan, untuk merealisasikan program bedah rumah akhir tahun 2020, BAZNAS Kabupaten Tangerang menggandeng seluruh camat di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Program Bedah Rumah BAZNAS ini sejalan dengan program unggulan Pemkab Tangerang yaitu program Gerakan Bersama Masyarakat Mengatasi Kawasan Kumuh dan Miskin (GEBRAK PAKUMIS) plus di 29 Kecamatan di Kabupaten  Tangerang.

Gebrak Pakumis merupakan  program unggulan pemerintah saat ini membangun rumah kumuh Dalam satu area kawasan, dan setiap tahun pembangunan rumah kumuh akan terus dilakukan, dengan anggaran yang ada  pemerintah juga membangun sanitasi pada rumah tersebut.

(Ronald).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *