Sebanyak 614 Kepala Keluarga (KK) Penerima Manfaat (KPM) di desa Tobat dari Kemensos

Balaraja – Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Sebanyak 614 Kepala Keluarga (KK) Penerima Manfaat (KPM) di desa Tobat, Kecamatan Balaraja mencairkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap delapan (8) dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial, yang di salurkan oleh PT.Pos Indonesia ,di kantor Desa pada Kamis (19/11/2020).

“Penyaluran BST ini akan berlangsung selama sehari penuh mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 300 ribu Penerima merupakan masyarakat yang masuk dalam data miskin desa Tobat Kecamatan Balaraja namun tidak terdaftar sebagai program keluarga harapan (PKH) dan program sembako,” Ungkap Sekdes Tobat Hendrawan yang berada di tempat untuk memantau jalannya pembagian Sosial tersebut.

”Ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di desa Tobat Sebagian
sudah dari mereka sudah terdaftar sebagai PKH dan bantuan lainnya dari Kemensos ,Sedangkan sisanya itu dimasukkan sebagai penerima BST,” Terang Endang Suherman Kepala Desa Tobat atau akrab di sapa Pa Eman.

Eman menjelaskan data penerima BST langsung diterima dari Kemensos. Pihaknya melalui perangkat Desa langsung turun dan melakukan verifikasi.Petugas mendatangi warga dan menginformasikan bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai penerima bantuan Covid-19 dari pusat.

”Biar tidak ada warga yang ganda menerima bantuan, petugas memberikan pilihan mau dapat dari pusat berupa uang Rp 300 ribu atau sembako dari pemerintah daerah. Kalau mereka pilih sembako berarti namanya dicoret dari penerima bantuan pusat, begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

”Penerima cukup membawa KTP dan KK baik asli maupun fotokopi dan disarankan menggunakan masker,pemberian bantuan ini sudah sesuai dengan arahan Kemensos. Ia memastikan tidak ada warga yang menerima ganda, karena hal itu menyalahi,” sebutnya.

Perangkat desa Tobat dan petugas dari kantor pos sudah memastikan bantuan ini diterima warga yang sudah terdata di Kemensos. ”Jadi, semua tidak ada masalah. Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Semoga bantuan itu bisa bermanfaat,” harap Eman.

(Ronald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *