Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Siaga Melindungi Masyarakat Bogor Dari Kebakaran

Bogor , Beritatanahair.com

Dinas Pemadam kebakaran mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran. Namun pada penanganannya kebakaran di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala, baik yang bersifat kebijakan, kinerja institusi, peraturan perundang-undangan, mekanisme operasional maupun kelengkapan pranatanya. Kinerja dan kewenangan institusi pemadam kebakaran (IPK) masih belum optimal menyangkut sumber daya manusia (SDM), peralatan dan fasilitas pendukungnya.

Termasuk kurangnya jumlah pos-pos pemadam kebakaran yang mempengaruhi waktu tanggap dan bobot serangan. Sementara itu, tuntutan akan tindakan penyelamatan (rescue) terhadap kebakaran dan bencana perkotaan lainnya semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kejadian bencana. Belum semua daerah memiliki peraturan (Perda) tentang teknis pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya kebakaran.

Aspek proteksi kebakaran belum dianggap sebagai salah satu basic need. Akibatnya, kejadian kebakaran sering berakibat fatal dan berulang. Kejadian kebakaran di Indonesia sering terjadi dalam kehidupan masyarakat terutama masyarakat perkotaan dengan jumlah penduduk yang padat. Selain diakibatkan oleh padatnya jumlah penduduk juga pengaruh mobilisasi ekonomi dan industri yang semakin berkembang menyebabkan risiko kebakaran semakin tinggi.

Pada priode Januari – Desember 2020 total kejadian kebakaran dinas pemadam kebakaran Kabupaten Bogor dan luar wilayah Kabupaten Bogor total hingga 349 kejadian. Adapun kejadian kebakaran di dominasi oleh kebakaran rumah tinggal yang di sebabkan oleh listrik dan kelalaian manusia.

NoBulanJumlah KejadianNoBulanJumlah Kejadian
1Januari177Juli32
2Februari178Agustus35
3Maret189September47
4April1710Oktober47
5Mei1811November35
6Juni2812Desember38

Kilas Kisah para perjuangan para petugas pemadam kebakaran yang berjuang menyelamatkan nyawa, sambil melawan kobaran api perlu kita apresiasi terutama kinerja para petugas dan personel Damkar Kabupaten Bogor selama priode tahun 2020. Pantang pulang sebelum padam itulah, selogan yang selalu mereka pegang teguh. mereka mengabdi tanpa kenal pamrih, tentunya dengan tugas yang berat, ditambah dengan resiko yang sangat berat yang diembannya. Sudah seharusnya pemadam kebarakan diberikan penghargaan.

(Rony S.P/advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *