Kemenag Sumbar Rilis SIGUNTUR Pada HAB Kemenag RI Ke-75 Tahun

Padang , Beritatanahair.com

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar) merilis aplikasi Sistem Informasi e-Government Terstruktur (SIGUNTUR). Aplikasi ini dirilis bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75, di Padang, Selasa (05/01). 

Adalah Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hendri yang menginisiasi hadirnya aplikasi SIGUNTUR di ranah minang. Beruntung, ia tak berjalan sendiri mewujudkan hal tersebut. 

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar pun menuangkan rencana penerapan aplikasi SIGUNTUR sebagai aksi perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan  Administrator (PKA) yang ia ikuti. Tidak berhenti di sana, para Pranata Komputer (Prakom)  Kanwil Kemenag Sumbar pun turun tangan menggawangi aplikasi ini. 

“Saya sepakat dengan Menag, bahwa HAB ke-75 ini menjadi momentum menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai target yang lebih baik lagi di masa mendatang,” tutur Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri. 

Ia berharap kehadiran SIGUNTUR  sejalan dengan amanat Menag Yaqut Cholil Qoumas yang menginginkan, Kemenag ke depan menjadi ‘Kemenag Baru’. Ini antara lain dicirikan dengan sistem dan layanan berbasis teknologi digital yang lebih praktis sekaligus solutif. 

“Dengan kehadiran SIGUNTUR  kami berharap dapa melayani masyarakat Sumatera Barat lebih baik lagi,” imbuhnya.
 
Kehadiran SIGUNTUR mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang turut hadir dalam Upacara Peringatan HAB ke-75.  “Selamat Hari Amal Bakti ke-75 bagi Kemenag RI, semoga kedepan Kemenag lebih sukses dan terdepan. Apresiasi kami terhadap pelayanan haji dan umrah, nikah dan  aplikasi SIGUNTUR yang pasti akan memudahkan masyarakat,” tukas Irwan. 

Sementara, salah seorang Prakom Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Efrian menyampaikan, rencananya di 2021 seluruh administrasi perkantoran di Kanwil Kemenag Sumbar akan didukung sistem informasi terintegrasi. Ini guna mewujudkan pelayanan administrasi perkantoran yang sistematis dan terstruktur. 

“Termasuk didalamnya SI Agenda pimpinan, e-taper (tata persuratan, penomoran otomatis, disposisi online, PTSP online dan Sistem Informasi pengelolaan program terintegrasi ( SiPPINTER) yang memungkinkan pengelolaan kegiatan dengan template surat yang sudah tersedia otomatis sampai surat-surat pertanggungjawaban kegiatan,”rinci Efrian.

Menurutnya, yang menarik adalah data yang sudah terinput semuanya tersimpan dalam database, sehingga auditor bisa melakukan pengawasan juga secara online/daring tanpa harus datang ke Kanwil Kemenag Sumbar.

“Dengan SiPPINTER, juga memungkinkan KPA memantau realisasi anggaran secara real-time,” jelas mantan Kasi Pendidikan Sistem Informasi pada Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Sumbar ini.

(vera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *