Baznas Kab Tangerang Audensi dengan Muspika Pagedangan

PAGEDANGAN – TANGERANG, beritatanahair.com

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang melalukan audiensi dengan unsur Muspika Kecamatan Pagedangan. Meliputi, KUA, Ketua MUI, Ketua DMI dan UPZ Kecamatan tersebut dalam rangka sosialisasi program Baznas Kabupaten Tangerang tahun 2021 kaitan upaya meningkatkan potensi sumber daya zakat, infak dan shodaqoh. Pada Kamis (25/2/2021).

Bertempat di ruang Kecamatan, Camat Pagedangan H. A. Zaenudin, S.Sos.,M.Si. menuturkan bahwa Basnas Kabupaten Tangerang tengah melakukan terobosan melalui sosialisasi dan ekspose program dengan cara mengadakan kunjungan langsung ke wilayah Kecamatan-Kecamatan dan mengadakan pertemuan dengan unsur Muspika serta instansi atau Lembaga terkait.

“Intinya audiensi dengan baznas ini untuk mendapatkan dukungan dan sinergitas dari pihak muspika dan lembaga atau instansi ada di wilayah kabupaten tangerang,” ungkap Camat Pagedangan H. A. Zaenudin, S.Sos.,M.Si.

Dikatakannya lagi, Insya Allah Kecamatan Pagedangan akan berupaya meningkatkan potensi zakat, infak dan sodaqoh dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada, termasuk Komandan Koramil Legok juga sangat mendukung upaya peningkatan potensi zakat di wilayahnya.

“Bahkan Ketua MUI Kecamatan ini pun dengan semua jajarannya siap mendukung dan mengembalikan Pagedangan sebagai pengumpul zakat, infak dan sodaqoh ke peringkat pertama,” tuturnya.

Sementara, Komisioner Baznas Kabupaten Tangerang H. Anwar Ardadili, S.Pd.,M.Pd. yang datang langsung ke Kecamatan Pagedangan tersebut menjelaskan bahwa sosialisasi program itu pun sekaligus menyampaikan bahwa Kecamatan Pagedangan menduduki peringkat kedua teratas sebagai kecamatan penyetor zakat terbesar kepada Baznas Kabupaten Tangerang.

“Berada satu tingkat di bawah kecamatan cikupa. Posisi ini diharapkan dapat ditingkatkan menjadi peringkat pertama atau paling tidak dapat tetap dipertahankan, terlebih jangan
sampai turun menjadi peringkat di bawahnya,” katanya.

Menurut H. Anwar Ardadili potensi zakat, infak dan sodaqoh di Kecamatan Pagedangan sebenarnya masih sangat banyak yang belum dioptimalkan terutama potensi zakat maal para aghnia (pemilik harta) yang tersebar banyak di Pagedangan. Bahkan potensi infak dan sodaqoh masih sangat potensial untuk dioptimalkan.

“Baznas saat ini berupaya meningkatkan pemberdayaan zakat, infak dan sodaqoh melalui program-program unggulannya demi kesejahteraan serta pembangunan yang bersumber dari umat untuk
umat dengan cara melakukan tahapan sosialisasi terlebih dahulu ke tingkat kecamatan sehingga pihak
kecamatan dan instansi lainnya bisa mengetahui program apa saja yang akan digulirkan dan mengetahui potensi apa saja yang sudah dioptimalkan dan belum digali sama sekali,” papar H. Anwar Ardadili.

Ia pun menyampaikan bahwa program Baznas Kabupaten Tangerang dalam waktu dekat akan melakukan penyaluran zakat fitrah kepada mustahiknya sebelum hari raya iedul fitri, hal ini mengingat kearifan lokal yang sudah menjadi kebiasaan di wilayah Kabupaten tersebut.

“Untuk penyaluran zakat ke wilayah-wilayah kecamatan dilakukan dengan mekanisme proporsional, berdasarkan data pengumpulan zakat, infak dan sodaqoh. Contoh, yang disetorkan
Kecamatan Pagedangan pada tahun 2020 sebesar kurang lebih 90 jutaan, sedangkan pengembalian manfaat dari Baznas Kabupaten Tangerang ke Kecamatan ini untuk tahun 2021 sebesar 200 jutaan yang diporsikan kepada beberapa program diantaranya program Baznas Kabupaten Sejahtera, Baznas Tangerang Cerdas, Baznas Tangerang Taqwa, dan program Baznas Tangerang Sejahtera lanjutan berupa bantuan pembangunan tidak layak huni (Rutilahu) yang tahun sebelumnya hanya mendapatkan 1 unit, sekarang mendapat tambahan program rutilahu menjadi 2 unit,” jelasnya.

(Kosasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *