Sukseskan Pilkades di Kab Tangerang di Laksanakan Juli 2021,Camat Mauk Bentuk Tim Pengawas-Panitia dan Koordinasi dengan BPD

Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Pemerintah Kabupaten Tangerang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 26 Kecamatan dan pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) di 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang H. Dadan Gandana, S.STP. M.Si mengukapkan, Pilkades serentak akan di gelar pada bulan Juli 2021.

“Tahapan pertama yaitu tahap persiapan yang dimulai dari tanggal 2 sampai 10 April 2021, tahap pencalonan pada tanggal 11 sampai dengan 26 Juni 2021, tahap kampanye pada tanggal 28 sampai 30 Juni 2021, masa tenang pada tanggal 1 sampai 3 Juli 2021, dan tahap pemungutan suara dari tanggal 10 Juni sampai 3 Juli 2021,” ucap H. Dadan Saat di wawancarai oleh tim peliput Diskominfo Kabupaten Tangerang.

“Pembentukan panitia pilkades dan tim pengawas selama 3 hari. Yakni 4 sampai 6 April 2021,ucap Arif kepada Beritatanahair.com pada Rabu Sore (31/03/2021).

BPD membentuk pantia pilkades, lanjut Arif melalui musyawarah BPD dengan mengikutsertakan pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat desa yang hasilnya ditetapkan dengan keputusan BPD.Keanggotaan panitia pilkades terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota, 1 orang sekretaris merangkap anggota, 1 orang bendahara merangkap anggota dan 4 orang anggota.

Sedangkan, pembentukan tim pengawas pilkades atas prakarsa masyarakat yang bersifat independen. Pembentukan tim pengawas pilkades difasilitasi BPD melalui musyawarah. Nantinya,  hasil musyawarah itu dituangkan ke dalam berita acara. Kemudian pembentukan tim pengawas pilkades ditetapkan dengan keputusan kepala desa.

“Tim pengawas pilkades berjumlah 5 orang yang keanggotaanya terdiri dari 1 orang unsur perangkat desa, 2 orang unsur lembaga kemasyarakatan desa dan 2 orang tokoh masyarakat,” terang Camat Mauk itu.

Ia juga menambahkan, susunan keanggotaan tim pengawas pilkades meliputi, 1 orang ketua merangkap anggota, 1 orang sekretaris merangkap anggota dan 3 orang anggota.

Adapun jumlah bakal calon kepala desa di 6 desa yang melaksanakan pilkades serentak 2021 meliputi, 11 orang di Desa Mauk Barat, 3 orang di Desa Ketapang, 4 orang di Desa Marga Mulya, 4 orang di Desa Tanjung Anom, 5 orang di Desa Kedung Dalem dan 4 orang di Desa Jatiwaringin.

Seragam PDL Pegawai di Kantor Kecamatan Mauk

Ada hal yang unik saat Beritatanahair.com berada di Kantor Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang , Semua Pegawai dari OB hingga Sekcam berseragam Kemeja PDL Celana Panjang Warna hitam dengan 4 kantong 4 dan baju warna putih berkantong menggunakan bahan dan desain pola yang sangat nyaman dipakai untuk tugas-tugas lapangan atau di luar kantor. Berikut ini kharakteristik pakaian PDL di Kecamatan Mauk menurut pengamatan beritatanahair.com seperti berikut ini

  • Bahan kain yang tebal dan kuat
  • Terdapat skoder atau lencana di dada depan nama kecamatan Mauk dan Logo Korpri
  • Memiliki kantong
  • Memiliki ventilasi di bagian belakang baju
  • Jenis bahan yang biasa digunakan adalah American drill, ripstop, nagata drill, valextra canvas, marsoto, hingga taipan drill.

Menurut Camat Mauk Arief Rahman Hakim Pakaian PDL untuk instansi pemerintahan Kecamatan Mauk mencamtukan logo atau nama instansinya yang berguna ketika karyawan tersebut bekerja di lapangan sebagai pengenal kalau si pekerja tersebut berasal dari instansi terkait. Pakaian ini menjadi identitas dari seorang pekerja di Kantor Kecamatan Mauk dan juga adanya penyamaan Persepsi dari Pegawai terendah hingga Sekretaris Kecamatan.

(Ronald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *