Sebanyak 390 Balon Kades lakukan tes CAT di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Kab Tangerang

Kelapa dua – Kab Tangerang , Beritatanahair.com

Menjelang pemilihan Kepala Desa serentak di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang, Bakal Calon (Balon) Kepala Desa melakukan tes CAT guna melengkapi tahapan dalam pemilihan tersebut. Bertempat di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Kabupaten Tangerang, Sabtu (08/05/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Tangerang, 390 balon kepala desa, dan tim panitia pelaksana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar turut hadir dalam kegiatan tersebut, yang bertujuan guna meninjau pelaksanaan ujian untuk para bakal calon kepala desa yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Bakal calon kepala desa wajib mengikuti perkembangan teknologi dan juga tes yang dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga meminimalisir kecurangan. Kemudian, hasilnya dapat langsung mereka ketahui, dan tidak ada yang bisa dipermainkan di CAT ini,” Ungkapnya saat memantau tes balon di UMN.

Disaat yang bersamaan, Sekertaris Daerah Moch Maesyal Rasyid yang juga sebagai Ketua Pelaksana Pemilihan Kepala Desa menjelaskan, Materi yang diujikan kepada balon adalah materi yang terkait dengan wawasan kebangsaan, masalah pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan tentang pembangunan.

“Setelah mereka (Balon) mengikuti tes dari 4 bidang tersebut, nanti kita akan mengetahui hasilnya dan mendapatkan laporan dari pihak UNIS selaku penyelenggara,” Pungkasnya.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dadan Gandana menambahkan, tes ini diselenggarakan pada jam 07.00 – 12.00 WIB, tes dilakukan di 23 ruang kelas dengan kapasitas 20 orang guna menjalankan protokol kesehatan.

“hari ini allhamdulillah sudah selesai, dan untuk hasil tesnya nanti kita serah terimakan kepada panitia pemilihan tingkat desa,” Ucapnya saat ditemui tim liputan Diskominfo.

Dirinya menambahkan, sebenarnya ada 397 balon yang terdaftar untuk mengikuti tes ini, namun ada 7 balon yang tidak hadir. Dirinya juga menjelaskan, 7 peserta yang tidak hadir mendapatkan nilai nol dan dinyatakan gugur dalam tes tersebut.

Dadan juga berharap, panitia pemilihan kepala desa agar bersifat transparan dalam proses pemilihan, ini dilakukan guna menciptakan pesta demokrasi yang adil dan transparan untuk masyarakat di Kabupaten Tangerang.

disisi lain, peserta ujian Ahmad Dahlan yang juga balon Kepala Desa Munjul Kecamatan Solear menerangkan, dirinya tidak mengalami kendala yang berarti dalam proses ujian tersebut. Dirinya menambahkan, sudah memahami materi apa saja yang akan di ujikan.

“Tadi kurang lebih ada 100 soal, allhamdulillah tidak ada kendala yang sulit untuk kegiatan hari ini, lancar – lancar saja semuanya,” tutupnya.

Pantau pelaksanaan tes bakal calon kepala desa, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan tes calon kepala desa

Di sela-sela pantauannya Bupati mengatakan, hari ini Ia meninjau pelaksanaan ujian untuk para bakal calon kepala desa. Kami mengucapkan terima kasih kepada UMN dan juga UNIS selaku penyelenggara yang sudah ikut berkolaborasi dan menyediakan tempat sebagai lokasi pelaksanaan ujian CAT bakal calon kepala desa.

“Ini menunjukkan komitmen kita bahwa setiap bakal calon wajib memiliki kemampuan yang memang sudah kita tetapkan, mereka juga wajib mengikuti perkembangan teknologi dan juga tes yang dilakukan ini secara terbuka dan transparan sehingga meminimalisir kecurangan, kemudian hasilnya juga bisa langsung mereka ketahui tidak ada yang bisa dipermainkan di CAT ini,” ungkapnya ketika mantau test di UMN.

Ia yakinkan bahwa ini adalah tes yang sangat terbuka dan mereka bisa langsung melihat hasil dari tes mereka masing-masing setelah mereka selesai mengerjakan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengungkapkan, hari ini kita dari panitia Kabupaten Tangerang mengecek langsung bersama dengan panitia dari UNIS dan dari UMN melihat secara langsung hadir secara langsung dalam rangka mensupport calon-calon pimpinan di desa masing-masing bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai, diberikan kelancaran dan dalam keadaan sehat.

“Materi yang diujikan atau diteskan salah satunya adalah terkait dengan wawasan kebangsaan masalah pemerintahan tentang pemberdayaan masyarakat dan tentang pembangunan, seberapa jauh mereka nanti mengikuti tes dari 4 bidang tersebut kita akan mengetahui setelah tesnya selesai dan mendapatkan laporan dari pihak UNIS selaku penyelenggara,” katanya.

Dadan Gandana selaku Kepala DPMPD, mengatakan hari ini tes peserta Pilkades tingkat desa dan panitia independen, hari ini melaksanakan tes kompetensi dasar bagi calon kepala desa di 77 desa dan di 6 desa PAW dengan jumlah calon kepala desa yang mengikuti 397 bakal calon kepala desa, yang mudah-mudahan hari ini bisa kita selesaikan dengan lancar aman dan tertib.

“Mekanisme tes nya di sini menggunakan sistem CAT jadi selesai tes mereka langsung mengetahui hasilnya dan panitia bisa langsung membawa hasil tersebut ke desa masing-masing untuk selanjutnya ditempatkan sebagai calon kepala desa yang akan dipilih,” terangnya.

(bta_001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *