Bupati Apresiasi Inovasi Kemenag Kab Bekasi Bangun Bank Penerima Setoran Haji (BPS)

Cikarang – Kab Bekasi , beritatanahair.com

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengapresiasi inovasi dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi mengenai program pelayanan haji satu atap. Dengan pelayanan itu, proses pendaftaran haji lebih mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

“Kami sangat mengapresiasi pelayanan haji satu atap karena lebih mempermudah masyarakat yang ingin mendaftar haji,” ucap Bupati Eka dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama pembangunan Bank Penerima Setoran Haji (BPS) di Komplek Pemkab Bekasi Desa Sukamahi Cikarang Pusat, pada Rabu (09/06/2021). 

Bupati Bekasi juga menceritakan pengalamannya saat daftar haji pada tahun 2009 . Saat itu, kata Eka, proses pendaftaran haji memakan waktu yang cukup lama karena calon jamaah harus menyiapkan berkas kelengkapan pendaftaran haji.  “Jadi dengan pelayanan satu atap ini, proses pendaftaran hanya 60 menit selesai,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka juga mengingatkan kepada calon jamaah haji agar sabar dengan keputusan pemerintah pusat menunda kembali keberangkatan haji tahun ini. 

Bagaimana pun, keputusan pemerintah pusat untuk kebaikan para jamaah, terutama meminimalisir penyebaran Covid-19. “Para calon jamaah haji bersabar ya, apa yang diputusakan pemerintah pusat untuk kebaikan. Jangan sampai penyebaran Covid ini semakin meluas,” ujarnya. 

Politikus Golkar ini mengungkapkan, pada tahun 2021 terdapat sebanyak 2.027 calon jamaah haji yang ada di Kabupaten Bekasi. Lebih lanjut, dirinya meminta agar para calon jamaah untuk tetap semangat, tetap jaga kesehatan dan selalu semangat. “Calon haji harus bersabar kita sedang diuji. Mudah mudahan apa yang menjadi niat kita dimudahkan dan selalu diberikan kesehatan,” pinta bupati bekasi itu.

Pembangunan Kantor Bank Penerima Setoran Haji (BPS) di Komplek Pemkab Bekasi merupakan langkah inovasi dari Kemenag Kabupaten Bekasi. Dengan adanya Kantor BPS, para calon jamaah haji bisa menyetor biaya haji pada satu tempat yang telah disediakan.

INOVASI BPS KANTOR KEMENAG KAB BEKASI

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Sopian, mengatakan nantinya terdapat 6 bank syariah yang bekerjasama dalam operasional pelaksanaan haji. Dirinya juga mengatakan, harus ada upaya untuk perbaikan dan inovasi yang dilakukan agar mempermudah calon jamaah haji.

“Adapun keenam bank Bank Penerima Setoran Haji adalah bank syariah dipastikan telah bekerjasama pada pembangunan BPS ini, diantaranya : BJB Syariah, Bank Sinar Mas Syariah, Panin Bank Syariah, CIMB Syariah, Maybank Syariah dan Permata Syariah,” ucapnya.

(@beritatanahair.com/Muhammad Ronald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *